dc.description.abstract | Berdasarkan hasil wawancara terbatas yang telah dilakukan dengan guru mata
pelajaran IPA (Fisika) kelas VII di salah satu MTs di Kabupaten Jember pada hasil
UAS tahun ajaran 2014/2015 semester 2, menyatakan bahwa hasil belajar IPA
(Fisika) siswa masih tergolong rendah. Hal ini terbukti dari hasil belajar siswa masih
ada yang di bawah KKM 75. Hal ini disebabkan proses pembelajaran yang ada di
dalam kelas saat ini masih didominasi oleh peran guru (teacher centered), guru
kurang menuntut siswa untuk terlibat aktif dalam pembelajaran, sehingga suasana
pembelajaran yang berlangsung kurang melibatkan aktivitas yang dimiliki oleh siswa.
Proses pembelajaran yang lebih berpusat pada guru tentu akan sulit mengembangkan
kompetensi siswa secara optimal, seperti siswa yang lebih banyak mendengarkan
penjelasan guru sehingga siswa kurang terlibat secara aktif. Sehingga alternatif solusi
penelitian ini menggunakan model problem based learning melalui gambar disertai
teknik concept mapping. Oleh karena itu, dilakukan penelitian mengenai model
problem based learning melalui gambar disertai teknik concept mapping. | en_US |