Show simple item record

dc.contributor.authorRhena Azizah
dc.date.accessioned2013-12-10T03:45:09Z
dc.date.available2013-12-10T03:45:09Z
dc.date.issued2013-12-10
dc.identifier.nimNIM080210204034
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/7327
dc.description.abstractHasil belajar sebagian besar siswa kelas III pada mata pelajaran IPA di SDN Curah Kalong 04 rendah dan tidak mencapai SKM. Terdapat 16 siswa dari 25 siswa atau 64% siswa yang belum tuntas hasil belajarnya. Selain itu aktivitas siswa secara klasikal hanya 46,44% dan dikategorikan kurang aktif. Hal ini karena metode pembelajaran yang diterapkan selama pembelajaran IPA masih konvensional. Metode pembelajaran IPA selama ini hanya berpusat pada guru, siswa hanya duduk diam mendengarkan apa yang dijelaskan guru, terkadang hanya disuruh menulis dan mengerjakan tugas. Untuk mengatasi permasalahan diatas dapat diberikan solusi dengan menerapkan metode eksperimen. Pembelajaran IPA dengan menerapkan metode eksperimen dapat membantu meningkatkan aktivitas siswa. Aktivitas yang dapat dilakukan siswa yakni mendengarkan penjelasan guru, bertanya, melakukan dan mengamati percobaan, menulis hasil percobaan dan membacakan hasil percobaan. Penerapkan metode eksperimen dapat membuat pembelajaran lebih bermakna, karena siswa dapat menyusun pengetahuannya sendiri dengan berperan langsung dalam percobaan. Berdasarkan penjelasan di atas maka rumusan masalah yang dibuat adalah: 1) bagaimanakah peningkatan aktivitas belajar siswa kelas III SDN Curahkalong 04 pada mata pelajaran IPA pokok bahasan gerak melalui penerapan metode eksperimen ? dan 2) bagaimanakah peningkatkan hasil belajar siswa kelas III SDN Curahkalong 04 pada mata pelajaran IPA pokok bahasan gerak melalui penerapan metode eksperimen ? Dari rumusan masalah di atas didapatkan tujuan penelitian yaitu :1) untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas III SDN Curahkalong 04 pada mata pelajaran IPA pokok bahasan gerak melalui metode eksperimen dan 2) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SDN Curahkalong 04 pada mata pelajaran IPA pokok bahasan gerak melalui metode eksperimen. Desain penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari tiga pertemuan. Pertemuan I dan pertemuan II digunakan peneliti untuk menyampaikan materi dan pertemuan ke III digunakan untuk tes akhir siklus. Pengambilan data dalam penelitian ini dilaksanakan di SDN Curahkalong 04 Kecamatan Bangsalsari, dimulai tanggal 9 Januari 2012 sampai 14 April 2012. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas III dengan jumlah siswa 25 yang terdiri dari 15 siswa perempuan dan 10 siswa laki-laki. Pengumpulan data menggunakan tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Data yang dikumpulkan berupa analisis aktivitas belajar siswa dari hasil observasi pada siklus I dan II, serta hasil belajar yang diperoleh dari hasil tes tulis siswa pada setiap akhir siklus. Kesimpulannya berdasarkan analisis data aktivitas dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan pada setiap siklus. Pada siklus I secara klasikal didapat persentase hasil belajar siswa 56%, dan tergolong kriteria cukup baik. Pada pembelajaran siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 12% yaitu dari 56% menjadi 68% dan tergolong dalam kategori baik, sedangkan analisis aktivitas belajar siswa secara klasikal pada siklus I didapat presentase 58,22% tergolong kategori cukup aktif. Pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 7,32% yaitu dari 58,22% menjadi 65,54 % dan tergolong kategori aktif. Berdasarkan penelitian terdapat saran yang diberikan bagi guru hendaknya menerapkan metode eksperimen dalam pembelajaran sehingga dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa, bagi sekolah hendaknya mendukung penerapan metode eksperimen guna meningkatkan kualitas pembelajaran, dan bagi peneliti lain penelitian ini dapat dijadikan sebagai acuan dalam mengadakan penelitian yang sejenis pada materi dan mata pelajaran yang berbeda.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210204034;
dc.subjectMetode Eksperimen, Aktivitas dan Hasil Belajaren_US
dc.titlePENERAPAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SDN CURAHKALONG 04 PADA MATA PELAJARAN IPA POKOK BAHASAN GERAK TAHUN PELAJARAN 2011/2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record