• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    TUTURAN MOTIVATIF DALAM ACARA “MARIO TEGUH GOLDEN WAYS” DI METRO TV

    Thumbnail
    View/Open
    Ika Puji Lestari cover 123.pdf (592.9Kb)
    Date
    2016-02-02
    Author
    Lestari, Ika Puji
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tuturan motivatif dapat diartikan sebagai tuturan yang memberikan kekuatan (energi) kepada seseorang yang dapat meningkatkan potensi dan antusiasme dalam melaksanakan suatu kegiatan. Pada penelitian ini, peneliti mengkaji tuturan motivatif dalam acara “MTGW”. Kekhasan yang terdapat dalam acara “MTGW” yaitu pesan-pesan motivasinya disampaikan dengan bentuk teguran atau kritik, tantangan, kepercayaan dan tanggung jawab. Tuturan motivatif yang disampaikan juga dibarengi dengan gurauan dan materi yang disampaikan selalu berkaitan dengan realita yang terjadi di dalam kehidupan masyarakat. Selain itu, pendengar atau audience dapat memperoleh semangat dan jalan keluar ketika mempunyai masalah setelah mendengarkan motivasi yang disampaikan Mario Teguh. Kajian pada penelitian ini terdiri atas empat rumusan masalah, yaitu (1) Bagaimanakah bentuk tuturan motivatif dalam acara “MTGW” di Metro TV?, (2) Bagaimanakah strategi tuturan motivatif dalam acara “MTGW” di Metro TV?, (3) Bagaimanakah modus tuturan motivatif dalam acara “MTGW” di Metro TV?, (4) Bagaimanakah pemanfaatan Tuturan Motivatif sebagai bahan pengembangan materi pembelajaran bahasa Indonesia di SMA?. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan hasil temuan yaitu, (1) Bentuk tuturan motivatif, (2) Strategi tuturan motivatif, (3) Modus tuturan motivatif, (4) Pemanfaatan Tuturan Motivatif sebagai bahan pengembangan materi pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kualitatif tindak tutur dan jenis penelitian etnografi komunikasi. Metode pengumpulan data yang dipilih adalah metode dokumentasi. Teknik analisis data meliputi penghimpunan data, pengklasifikasian data, pengkodean, penginterpretasian data, penyimpulan data. Instrumen penelitian ini yang pertama adalah pemutar video dan alat pencatat tuturan berupa leptop dan alat tulis. Instrumen yang kedua adalah instrumen pengumpul data dan instrumen analisis data yang dibuat dengan bentuk tabel. Hasil pembahasan penelitian menunjukkan bahwa (1) bentuk tuturan motivatif yang digunakan oleh Mario Teguh yaitu: a) tuturan motivatif berbentuk teguran atau kritik, b) tuturan motivatif berbentuk tantangan, c) tuturan motivatif berbentuk kepercayaan dan tanggung jawab. Bentuk tuturan motivatif yang banyak digunakan dalam acara MTGW adalah tuturan motivatif berbentuk teguran atau kritik. (2) strategi yang digunakan yaitu: a) strategi motivatif langsung harfiah, b) strategi motivatif tak langsung harfiah. Strategi yang banyak digunakan dalam acara MTGW adalah strategi langsung harfiah sebab dengan menggunakan strategi langsung harfiah pendengar dapat memahami dengan mudah motivasi yang disampaikan. (3) modus yang digunakan yaitu: a) tuturan motivatif bermodus optatif, b) tuturan motivatif bermodus imperatif, c) tuturan motivatif bermodus interogatif, d) tuturan motivatif bermodus obligatif, e) tuturan motivatif bermodus desideratif, f) tuturan motivatif bermodus kondisional. Modus yang banyak digunakan yaitu modus imperatif sebab dalam menyampaikan motivasinya Mario Teguh sering menyampaikan larangan dan perintah agar pendengar mengetahui tindakan yang harus dilakukan dan tindakan yang harus dijauhi. (4) pemanfaatan tuturan motivatif sebagai bahan pengembangan materi pembelajaran dalam kurikulum KTSP di SMA kelas X berdasarkan KD “menyimpulkan isi informasi yang didengar melalui tuturan tidak langsung (rekaman atau teks yang dibacakan)”. Saran yang diberikan berdasarkan hasil pembahasan dari penelitian ini adalah: 1) bagi peneliti selanjutnya, penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan untuk melakukan penelitian yang sejenis dengan bahasan yang lebih luas, 2) bagi guru, penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan pengembang materi ajar bidang studi bahasa dan sastra Indonesia terutama di Sekolah Menengah Atas.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/73187
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15435]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository