dc.description.abstract | IPA berhubungan dengan cara mencari tahu tentang alam semesta secara sistematis, bukan hanya penguasaan kumpulan pengetahuan yang berupa fakta, konsep, atau prinsip saja, tetapi juga merupakan suatu proses penemuan. Proses pembelajarannya menekankan pada pemberian pengalaman langsung untuk mengembangkan kompetensi menemukan dan memahami alam sekitar secara ilmiah. Pendekatan pembelajaran juga harus dipilih sesuai dengan minat belajar siswa, sehingga dapat meningkatkan motivasi belajarnya. Pada kenyataannya, motivasi belajar siswa kelas III MI Riyadlus Sholihien Jember masih belum maksimal. Hal tersebut disebabkan karena guru belum menggunakan pendekatan yang dapat membangkitkan minat siswa selama pembelajaran. Guru juga kurang memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya dan soal-soal yang diberikan kepada siswa juga masih mencakup C1 dan C2 saja. Salah satu pendekatan pembelajaran yang sesuai untuk mengatasi permasalahan di atas adalah dengan menggunakan pendekatan Sains Teknologi Masyarakat (STM). Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA melalui penerapan pendekatan sains teknologi masyarakat (STM) materi lingkungan sehat dan tidak sehat siswa kelas III MI Riyadlus Sholihien Jember Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2015/2016.
Penelitian ini dilaksanakan di MI Riyadlus Sholihien Jember dengan subjek penelitian seluruh siswa kelas III yang berjumlah 20 siswa yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan rancangan penelitian menurut Arikunto yang terdiri
x
dari 4 fase meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan masing-masing siklus terdiri atas dua pertemuan.
Pembelajaran IPA melalui Penerapan Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat (STM) untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas III Mata Pelajaran IPA Materi Lingkungan Sehat dan Tidak Sehat MI Riyadlus Sholihien Jember terlaksana sesuai dengan rencana yang telah dirancang. Berdasarkan hasil analisis data dapat diketahui bahwa motivasi dan hasil belajar siswa selama pembelajaran IPA melalui penerapan Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat (STM) mengalami peningkatan. Berdasarkan observasi yang dilakukan oleh observer, motivasi siswa pra siklus sebesar 48,1% meningkat pada siklus I sebesar 70,95% meningkat lagi menjadi 81,75% pada siklus II. Artinya motivasi siswa dari pra siklus ke siklus I mengalami peningkatan sebesar 22,85%, sedangkan dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 10,8%. Rata-rata hasil belajar siswa secara klasikal sebelum pelaksanaan siklus sebesar 56,5 meningkat menjadi 82,6 pada siklus I. Rata-rata hasil belajar tersebut semakin meningkat lagi menjadi 89,6 pada siklus II.
Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat (STM) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas III mata pelajaran IPA Materi Lingkungan Sehat dan Tidak Sehat MI Riyadlus Sholihien Jember. Saran dalam penelitian ini yaitu hendaknya pembelajaran dengan menggunakan Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat (STM) dapat dijadikan sebagai alternatif bagi guru untuk diterapkan dalam pembelajaran di kelas agar motivasi dan hasil belajar siswa semakin meningkat. | en_US |