Show simple item record

dc.contributor.advisorNuriman
dc.contributor.advisorAgustiningsih
dc.contributor.authorJamil, Asiyah
dc.date.accessioned2016-02-02T01:41:57Z
dc.date.available2016-02-02T01:41:57Z
dc.date.issued2016-02-02
dc.identifier.nim120210204013
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/73147
dc.description.abstractPembelajaran IPA menekankan siswa untuk turut aktif dalam kegiatan pembelajaran agar siswa mendapatkan pengalaman langsung. Guru harus mempertimbangkan strategi belajar yang dapat memudahkan siswa memahami konsep-konsep IPA dan mengembangkan pengetahuan yang diterima. Strategi belajar mind mapping merupakan salah satu cara yang dapat membuat pembelajaran IPA bermakna bukan sekedar menghafal atau mengingat. Mind Mapping membantu siswa membuat ringkasan materi pembelajaran dalam bentuk gambar, garis, simbol, dan berbagai warna serta untuk mengetahui secara jelas keterkaitan antara konsep satu dengan konsep lainnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh positif yang signifikan penggunaan strategi belajar mind mapping terhadap hasil belajar IPA pokok bahasan penyesuaian diri makhluk hidup dengan lingkungannya siswa kelas V SDN Kepatihan 06 Jember tahun ajaran 2015/2016 semester ganjil. Penelitian dilaksanakan di SDN Kepatihan 06 Jember dimulai tanggal 18 September 2015 sampai dengan 9 Oktober 2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimental dengan desain true eksperimen design dan pola pre-test post-test control group design. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas V SDN Kepatihan 06 Jember yang berjumlah 78 siswa terdiri dari kelas VA berjumlah 40 siswa dan kelas VB berjumlah 38 siswa. Sebelum menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol, dilakukan uji homogenitas terhadap subjek penelitian untuk mengetahui kemampuan awal siswa sebelum diberi perlakuan. Data uji homogenitas diperoleh x dari nilai ulangan harian. Hasil uji homogenitas menunjukkan nilai 0,199, selanjutnya harga harga ini dikonsultasikan dengan harga ttabel pada taraf signifikansi 5% yaitu 1,665 dengan diketahui dbd =76. Berdasarkan nilai ttabel =1,665 dan nilai 0,199, maka <ttabel yaitu 0,199<1,665. Nilai tersebut membuktikan bahwa kemampuan awal siswa sebelum diberi perlakuan adalah homogen. Selanjutnya menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan melakukan teknik undian. Dari hasil teknik undian diperoleh hasil kelas VA sebagai kelas eksperimen dan kelas VB sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes. Skor tes siswa berupa nilai hasil pre-test dan post-test dianalisis dengan menggunakan rumus uji-t karena terdiri dari dua kelas. Hasil perhitungan rumus uji-t diperoleh thitung =7,782. Harga thitung ini dikonsultasikan dengan pada taraf signifikansi 5%=1,665 dengan db =76. Dengan demikian nilai > yaitu 7,782>1,665 sehingga hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dari hasil tersebut dapat dinyatakan bahwa siswa kelas V SDN Kepatihan 06 Jember tahun pelajaran 2015/2016 semester ganjil yang diajar menggunakan strategi belajar mind mapping mencapai hasil belajar IPA yang lebih baik daripada yang tidak diajar menggunakan strategi belajar mind mapping. Hasil perhitungan keefektifan relatif sebesar 32,0923%, yang memiliki arti bahwa pembelajaran dengan menggunakan strategi belajar mind mapping lebih efektif 32,0923% daripada pembelajaran tanpa menggunakan strategi belajar mind mapping. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa siswa kelas V SDN Kepatihan 06 Jember tahun pelajaran 2015/2016 semester ganjil yang diajar menggunakan strategi belajar mind mapping mencapai hasil belajar IPA yang lebih baik daripada yang tidak diajar menggunakan strategi belajar mind mapping, atau dapat dikatakan bahwa pembelajaran dengan menggunakan strategi belajar mind mapping lebih efektif 32,0923% daripada pembelajaran tanpa menggunakan strategi belajar mind mapping.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectMIND MAPPINGen_US
dc.titlePENGARUH STRATEGI BELAJAR MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA POKOK BAHASAN PENYESUAIAN DIRI MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGANNYA SISWA KELAS V SDN KEPATIHAN 06 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2015/2016 SEMESTER GANJILen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record