Show simple item record

dc.contributor.advisorMuji
dc.contributor.advisorAndianto, Mujiman Rus
dc.contributor.authorCahya, Mega Putri
dc.date.accessioned2016-02-01T08:10:42Z
dc.date.available2016-02-01T08:10:42Z
dc.date.issued2016-02-01
dc.identifier.nim100210402025
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/73122
dc.description.abstractBahasa digunakan manusia dalam kehidupan sehari-hari baik dalam acara formal maupun non formal. Penggunaan bahasa dalam kehidupan manusia adalah sebagai alat komunikasi. Berbekal hasil teknologi yang telah dikembangkan oleh manusia mereka mampu berkomunikasi jarak jauh. Salah satu teknologi komunikasi jarak jauh yang sangat dekat dengan kehidupan manusia ialah internet dan handphone. Kehadiran teknologi internet pada handphone melahirkan komunikasi yang khas. Salah satu bentuk komunikasi yang khas terjadi pada bidang perdagangan. Bidang perdagangan pada internet ini berhubungan dengan online shop. Istilah online shop dalam bahasa Indonesia adalah toko yang menjual barang melalui internet. Adanya peristiwa media handphone yang didukung oleh jaringan internet telah memunculkan kebiasaan baru masyarakat pengguna handphone berbasis internet yaitu belanja online. Dalam online shop pembeli dan penjual tidak saling bertemu di tempat perbelanjaan. Mereka melakukan transaksi pembayaran melalui ATM (Anjungan Tunai Mandiri). Kehadiran online shop di dalam masyarakat saat ini memudahkan mereka dalam berbelanja. Mereka tak perlu datang ke tempat perbelanjaan. Cukup berbekal handphone berbasis internet mereka bisa berbelanja di manapun mereka berada. Keunikan yang terjadi dalam peristiwa ini adalah interaksi tawarmenawar yang dilakukan oleh orang yang tak saling kenal. Selain itu, mereka berkomunikasi tanpa bertatap muka secara langsung. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini mencakup: 1) Bagaimanakah Jenis tindak bahasa yang digunakan dalam interaksi tawarmenawar antara penjual dan pembeli di Online Shop LOLLY Sandang? 2) Bagaimanakah fungsi tindak bahasa yang digunakan dalam interaksi tawar menawar antara penjual dan pembeli di OnlineShop LOLLY Sandang? 3) Bagaimanakah konteks sosio-psikologis yang dialami oleh penjual dan pembelisaat melakukan tindak bahasadalam interaksi tawarmenawar di Online Shop LOLLY Sandang? Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan temuan tentang : 1) Jenis-jenis tindak bahasa yang digunakan dalam interaksi tawar menawar di onlineshop LOLLY Sandang. 2)Fungsi tindak bahasa dalam interaksi tawar menawar di onlineshop LOLLY Sandang. 3) konteks sosio-psikologis yang dialami oleh penjual dan pembeli saat melakukan tindak bahasa dalam interaksi tawar-menawar di Online Shop LOLLY Sandang. Rancangan penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Jenis penelitian adalah deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik pengamatan, dokumentasi, wawancara, dan perekaman. Analisis data yang dilakukan terdiri atas empat proses yaitu penyeleksian data, pemeriksaan data, penglasifikasian data dan pengodean data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis tindak bahasa dalam interaksi tawarmenawar di online shop Lolly sandang yang pertama, jenis tindak bahasa yang meliputi: 1) tindak lokusi, 2) tindak ilokusi, serta 3) tindak perlokusi. Kedua, fungsi tindak bahasa dalam interaksi tawar-menawar di online shop Lolly sandang terdiri atas : fungsi kompetitif (competitive), fungsi menyenangkan (convivial), fungsi bekerja sama (collaborative), bertentangan (conflictiv). Ketiga, konteks sosio-psikologis yang dialami oleh penjual dan pembeli di Lolly shop pada saat tawar-menawar, seperti dalam keadaan senang, cemas, kecewa, kesal, marah, dan peduli. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diajukan saran: 1) bagi pengajar mata kuliah Pragmatik, hasil penelitian ini disarankan memperbaiki dan menyempurnakan lagi proses belajar mengajar mata kuliah Pragmatik khususnya pada kajian tindak bahasa yang dilaksanakannya. 2) bagi peneliti lain yang akan melakukan penelitian yang serupa tentang tindak bahasa dalam interaksi tawar-menawar antara penjual dan pembeli di Online Shop melalui handphone di sarankan peneliti lebih teliti menyeleksi dan pengklasifikasian data yang berupa tindak bahasa untuk mendapatkan data validen_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectTINDAK BERBAHASAen_US
dc.titleTINDAK BERBAHASA DALAM INTERAKSI TAWAR-MENAWAR ANTARA PENJUAL DAN PEMBELI DI ONLINE SHOP LOLLY SANDANGen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record