Show simple item record

dc.contributor.advisorSusanto
dc.contributor.advisorSri L., Nurcholif Diah
dc.contributor.authorWaskito, Anis
dc.date.accessioned2016-02-01T07:59:31Z
dc.date.available2016-02-01T07:59:31Z
dc.date.issued2016-02-01
dc.identifier.nim080210101047
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/73119
dc.description.abstractSunardi (1999:52) mengemukakan bahwa penyajian bahan geometri dalam buku paket matematika SMP harus mempertimbangkan tingkat berpikir anak, aktivitas yang kaya dengan keragaman pengalaman, dan materi geometri yang diberikan. Lebih lanjut Piaget (dalam Sunardi, 2006:72) meyakini bahwa jika tingkat sajian pembelajaran atau tugas terlalu jauh dari tingkat berpikir siswa maka belajar tidak mungkin terjadi atau secara psikologis siswa tidak siap belajar. Salah satu sajian yang terdapat dalam buku teks matematika yang harus mempertimbangkan tingkat berpikir siswa adalah tingkat pertanyaan pada soal khususnya pada soal geometri. Salah satu teori yang mempertimbangkan tingkat perkembangan berpikir siswa dalam geometri adalah teori van Hiele. Berdasarkan uraian tersebut, dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mendeskripsikan persentase jumlah pertanyaan dalam materi geometri pada buku teks matematika SMP kelas VIII berdasarkan teori van Hiele untuk masing-masing tingkatan dan deskriptornya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif, yaitu penelitian yang bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat pertanyaan geometri ke dalam tingkatan van Hiele berdasarkan deskriptor tingkatan van Hiele. Sumber yang digunakan dalam penelitian ini adalah buku teks matematika SMP kelas VIII yang berjudul Berlogika dengan Matematika 2 untuk Kelas VIII SMP dan MTs, diterbitkan oleh Platinum, ditulis oleh Umi Salamah, dan dicetak pada tahun 2012. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi. Dalam penelitian ini data yang diperoleh dengan metode dokumentasi berupa pertanyaan-pertanyaan yang terdapat dalam materi geometri untuk SMP kelas VIII. viii Pertanyaan-pertanyaan tersebut akan diklasifikasikan berdasarkan deskriptor tingkatan van Hiele. Hasil pengklasifikasian tersebut akan dianalisis oleh peneliti. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, persentase jumlah pertanyaan geometri untuk masing-masing tingkatan dan deskriptornya berdasarkan teori van Hiele dalam buku penunjang matematika SMP kelas VIII terbitan Platinum dapat diklasifikasikan dalam 4 tingkatan van Hiele yaitu tingkat visualisasi, analisis, deduksi informal, dan deduksi dengan persentase jumlah pertanyaan geometri dari 490 soal yang memuat 796 pertanyaan adalah 4,4% tingkat visualisasi terdiri dari 35 pertanyaan yang terbagi atas 0,38% deskriptor 1a; 0,25% deskriptor 1c; 3,14% deskriptor 2; 0,13% deskriptor 5; 0,25% deskriptor 6; 0,25% deskriptor 7b; 56,5% tingkat analisis terdiri dari 450 pertanyaan yang terbagi atas 3,52% deskriptor 1; 5,03% deskriptor 2; 5,28% deskriptor 3a; 6,78% deskriptor 4a; 0,75% deskriptor 4b; 1,13% deskriptor 5; 2,26% deskriptor 6b; 0,75% deskriptor 7; 30,78% deskriptor 9; 0,25% deskriptor 10a; 38,1% tingkat deduksi informal terdiri dari 303 pertanyaan yang terbagi atas 0,13% deskriptor 1a; 0,5% deskriptor 1b; 2,01% deskriptor 1c; 6,41% deskriptor 2a; 28,52% deskriptor 5; 0,13% deskriptor 6a; 0,38% deskriptor 6c; dan 1% tingkat deduksi terdiri dari 8 pertanyaan yang terbagi atas 0,88% deskriptor 4; 0,13% deskriptor 5. Buku teks tersebut didominasi oleh pertanyaan geometri yang termasuk dalam tingkat analisis dan tidak terdapat pertanyaan yang termasuk dalam tingkat rigor. Sebaiknya jumlah pertanyaan geometri yang termasuk dalam tingkat analisis dikurangi, sedangkan jumlah pertanyaan geometri yang termasuk dalam tingkat deduksi informal ditambah. Pada buku penunjang matematika SMP kelas VIII terbitan Platinum tersebut terjadi penumpukan soal dalam deskriptor 9 pada tingkat analisis yang terdiri dari 245 pertanyaan dan dalam deskriptor 5 pada tingkat deduksi informal yang terdiri dari 227 pertanyaan. Seharusnya pertanyaan-pertanyaan pada deskriptor tersebut dapat dibagi dalam masing-masing deskriptor yang lain secara berimbang agar terjadi ragam kegiatan pembelajaran pada siswa.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectGEOMETRIen_US
dc.titleANALISIS TINGKAT PERTANYAAN DALAM MATERI GEOMETRI PADA BUKU TEKS MATEMATIKA SMP KELAS VIII BERDASARKAN TEORI VAN HIELEen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record