Show simple item record

dc.contributor.advisorKusmiati, Ati
dc.contributor.advisorSoliha, Evita
dc.contributor.authorKusdianto, Novan
dc.date.accessioned2016-02-01T01:33:05Z
dc.date.available2016-02-01T01:33:05Z
dc.date.issued2016-02-01
dc.identifier.nim111510601070
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/73030
dc.description.abstractKopi arabika Java Ijen-Raung merupakan kopi spesial di Indonesia, hasil dari perkebunan kopi rakyat di Bondowoso yang tumbuh di ketinggian minimal 1.000 mdpl. Pemasaran kopi arabika Java Ijen Raung, terdapat beberapa pola saluran pemasaran dan melibatkan beberapa lembaga pemasaran. Setiap lembaga pemasaran yang terlibat akan melakukan beberapa fungsi pemasaran, sehingga mengakibatkan semakin besar biaya pemasaran dan dapat mempengaruhi efisiensi saluran pemasaran. Desa sukorejo memiliki luas perkebunan kopi rakyat 650,44 ha atau 57,78% dari total luas perkebunan kopi rakyat di Kecamatan Sumber Wringin Kabupaten Bondowoso. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Pola saluran pemasaran kopi arabika di Desa Sukorejo, (2) Fungsi pemasaran apa saja yang dilaksanakan oleh masing-masing lembaga pemasaran di Desa Sukorejo, (3) Efisiensi pemasaran kopi arabika pada masing-masing pola saluran pemasaran, (4) Strategi pemasaran (bauran pemasaran) kopi arabika di Desa Sukorejo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tiga jenis saluran pemasaran kopi arabika Java Ijen Raung di Desa Sukorejo yaitu Saluran Pemasaran I, Saluran Pemasaran II, dan Saluran Pemasaran III. Fungsi pemasaran yang dilakukan oleh masing-masing lembaga pemasaran hampir sama secara umum, meliputi: penjualan, pembelian, pengangkutan, penyimpanan, pengemasan, pembiayaan, informasi pasar, dan strandarisasi. Saluran pemasaran yang paling efisien adalah saluran pemasaran I. Saluran pemasaran I memiliki nilai margin pemasaran Rp 300/kg. Nilai margin pemasaran tersebut lebih rendah jika dibandingkan dengan saluran pemasaran II dan III dimana memiliki nilai margin pemasaran masingmasing Rp 825/kg dan Rp 800/kg. Strategi pemasaran kopi arabika Java Ijen- Raung di Desa Sukorejo menggunakan bauran pemasaran, yang terdiri dari produk, harga, tempat pemasaran, dan promosi. Strategi pemasaran produk kopi arabika Java Ijen-Raung yaitu Strategi diversifikasi konsentris dengan memproduksi kopi sangrai. Strategi pemasaran harga kopi arabika Java Ijen- Raung yaitu Strategi penetapan harga dengan strategi mempertahankan harga dan strategi satu harga. Strategi pemasaran tempat kopi arabika Java Ijen-Raung yaitu Strategi distribusi selektif dan strategi saluran distribusi berganda menggunakan saluran kompetitif. Strategi pemasaran promosi yaitu Push strategy yang merupakan aktivitas promosi yang dilakukan produsen kepada perantara dengan tujuan untuk mempromosikan kopi arabika Java Ijen-Raung. Strategi pemilihan media menggunakan Cost-Per-Thousand-Contacts Comparisson.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectKOPI ARABIKAen_US
dc.titleEFISIENSI DAN STRATEGI PEMASARAN KOPI ARABIKA (Coffea arabica) JAVA IJEN RAUNG DI DESA SUKOREJO KECAMATAN SUMBER WRINGIN KABUPATEN BONDOWOSOen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record