dc.description.abstract | Kopi arabika Java Ijen-Raung merupakan kopi spesial di Indonesia, hasil
dari perkebunan kopi rakyat di Bondowoso yang tumbuh di ketinggian minimal
1.000 mdpl. Pemasaran kopi arabika Java Ijen Raung, terdapat beberapa pola
saluran pemasaran dan melibatkan beberapa lembaga pemasaran. Setiap lembaga
pemasaran yang terlibat akan melakukan beberapa fungsi pemasaran, sehingga
mengakibatkan semakin besar biaya pemasaran dan dapat mempengaruhi efisiensi
saluran pemasaran. Desa sukorejo memiliki luas perkebunan kopi rakyat 650,44
ha atau 57,78% dari total luas perkebunan kopi rakyat di Kecamatan Sumber
Wringin Kabupaten Bondowoso. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1)
Pola saluran pemasaran kopi arabika di Desa Sukorejo, (2) Fungsi pemasaran apa
saja yang dilaksanakan oleh masing-masing lembaga pemasaran di Desa
Sukorejo, (3) Efisiensi pemasaran kopi arabika pada masing-masing pola saluran
pemasaran, (4) Strategi pemasaran (bauran pemasaran) kopi arabika di Desa
Sukorejo.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tiga jenis saluran pemasaran
kopi arabika Java Ijen Raung di Desa Sukorejo yaitu Saluran Pemasaran I, Saluran
Pemasaran II, dan Saluran Pemasaran III. Fungsi pemasaran yang dilakukan oleh
masing-masing lembaga pemasaran hampir sama secara umum, meliputi:
penjualan, pembelian, pengangkutan, penyimpanan, pengemasan, pembiayaan,
informasi pasar, dan strandarisasi. Saluran pemasaran yang paling efisien adalah
saluran pemasaran I. Saluran pemasaran I memiliki nilai margin pemasaran Rp
300/kg. Nilai margin pemasaran tersebut lebih rendah jika dibandingkan dengan
saluran pemasaran II dan III dimana memiliki nilai margin pemasaran masingmasing
Rp 825/kg dan Rp 800/kg. Strategi pemasaran kopi arabika Java Ijen-
Raung di Desa Sukorejo menggunakan bauran pemasaran, yang terdiri dari
produk, harga, tempat pemasaran, dan promosi. Strategi pemasaran produk kopi
arabika Java Ijen-Raung yaitu Strategi diversifikasi konsentris dengan
memproduksi kopi sangrai. Strategi pemasaran harga kopi arabika Java Ijen-
Raung yaitu Strategi penetapan harga dengan strategi mempertahankan harga dan
strategi satu harga. Strategi pemasaran tempat kopi arabika Java Ijen-Raung yaitu
Strategi distribusi selektif dan strategi saluran distribusi berganda menggunakan
saluran kompetitif. Strategi pemasaran promosi yaitu Push strategy yang
merupakan aktivitas promosi yang dilakukan produsen kepada perantara dengan
tujuan untuk mempromosikan kopi arabika Java Ijen-Raung. Strategi pemilihan
media menggunakan Cost-Per-Thousand-Contacts Comparisson. | en_US |