Show simple item record

dc.contributor.advisorHARTADI
dc.contributor.advisorHariyati, Yuli
dc.contributor.authorPranatagama, Muhammad Friendy
dc.date.accessioned2016-01-28T04:54:04Z
dc.date.available2016-01-28T04:54:04Z
dc.date.issued2016-01-28
dc.identifier.nim111510601103
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/72756
dc.description.abstractDesa Darungan Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember merupakan desa penghasil kacang tanah tertinggi di Kabupaten Jember. Desa Darungan memiliki hasil produksi yang sangat baik sehingga bisa diserap oleh pasar dengan baik. Penelitian mengenai efisiensi pemasaran dan bauran pemasaran usahatani kacang tanah di Desa Darungan perlu dilakukan, mengingat petani kacang tanah di Desa Darungan yang sebelumnya pernah bermitra dengan PT. Dua Kelinci pada tahun 2008 namun pada tahun 2010 hubungan kemitraan tersebut sudah tidak berjalan lagi karena petani merasa terbebani dengan adanya pengolahan (penjemuran) pasca panen sebelum disetorkan ke PT. Dua Kelinci. Hubungan kemitraan yang telah berakhir menyebabkan petani kacang tanah tidak bisa memasarkan hasil panennya langsung ke konsumen akhir. Petani membutuhkan peran lembaga pemasaran seperti tengkulak dan pedagang besar untuk menyampaikan produk yang dihasilkan agar bisa sampai ke konsumen akhir. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) saluran-saluran pemasaran kacang tanah yang berada di Desa Darungan; (2) mengetahui efisiensi saluran pemasaran kacang tanah di Desa Darungan; (3) mengetahui bauran pemasaran usahatani kacang tanah di Desa Darungan. Untuk menentukan daerah peneilitian menggunakan Purposive method. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif dan analitis. Untuk menentukan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan metode Porposive Sampling, Proporsionate Random Sampling dan Snowball Sampling. Porposive Sampling digunakan untuk pengambilan sempel kelompok tani yaitu tiga kelompok tani, dan Proporsionate Random Sampling digunakan untuk menentukan jumlah responden. Snowball Sampling digunakan untuk menentukan lembaga pemasaran. Analisis yang digunakan yaitu analisis Margin dan Efisiensi Pemasaran serta Bauran Pemasaran (4P). Berdasarkan hasil dari penelitian menunjukan bahwa (1) saluran pemasaran kacang tanah di Desa Darungan terdapat empat macam saluran pemasaran, yaitu saluran pemasaran satu tingkat agroindustri besar (Petani → Pedagang Besar → Agroindustri besar), saluran pemasaran satu tingkat agroindustri kecil (Petani → Pedagang Besar → Agroindustri Kecil), saluran pemasaran dua tingkat agroindustri besar (Petani → Tengkulak → Pedagang Besar → Agroindustri Besar) dan saluran pemasaran dua tingkat agroindustri kecil (Petani → Tengkulak → Pedagang Besar → Agroindustri Kecil); (2) Saluran pemasaran yang paling efisien yaitu saluran pemasaran satu tingkat ke agroindustri kecil (lokal); (3) Bauran “Produk” kacang tanah yang diusahakan petani berjenis kancil dan kacang lokal dengan keunggulan renyah, rendah kolesterol dan rasanya khas. Bauran “Tempat” penjualan kacang tanah petani berada di lingkup desa. Bauran “Harga” kacang tanah petani yang menentukan adalah tengkulak dan pedagang besar. Bauran “Promosi” yang dilakukan adalah (personal selling).en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectKACANG TANAHen_US
dc.titleEFISIENSI DAN BAURAN PEMASARAN USAHATANI KACANG TANAH DI DESA DARUNGAN KECAMATAN TANGGUL KABUPATEN JEMBERen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record