Show simple item record

dc.contributor.authorSarasmita, Made Ary
dc.contributor.authorDewi, Ni Luh Prima Kemala
dc.date.accessioned2016-01-28T00:14:03Z
dc.date.available2016-01-28T00:14:03Z
dc.date.issued2016-01-28
dc.identifier.isbn978-602-9030-89-1
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/72649
dc.descriptionProsiding Seminar Nasional Current Challenges in Drug Use and Development Tantangan Terkini Perkembangan Obat dan Aplikasi Klinisen_US
dc.description.abstractKelapa (Cocos nucifera) dan buah naga (Hylocereus polyrhizus) merupakan tanaman yang tumbuh subur di Bali. Selama ini, kelapa dan buah naga dimanfaatkan daging buah untuk dikonsumsi. Radikal bebas merupakan senyawa yang dapat merusak tubuh dan mempercepat proses ageing (penuaan). Diperlukan pengembangan sediaan farmasi yang mengandung antioksidan alami dan dapat mencegah kerusakan pada kulit. Sebagai daerah pariwisata, Bali terkenal dengan produk spa yang berasal dari bahan alami. Oleh sebab itu, dilakukan kajian potensi kombinasi Virgin Coconut Oil (VCO) dan buah naga sebagai antioksidan dan pengembangan sediaan produk spa yang mengandung VCO dan buah naga, serta strategi pemasarannya agar produk ini menjadi sustainable. Mengkaji potensi kombinasi Virgin Coconut Oil (VCO) dan buah naga sebagai antioksidan alami berdasarkan studi kepustakaan/literatur dan strategi pemasaran produk spa diversifikasi VCO dan buah naga di Bali. Jenis penelitian adalah deskriptif dengan studi literatur (literature research). Literatur yang digunakan adalah publikasi nasional/internasional terkait VCO dan buah naga dalam rentang tahun 2000 – 2015. Model analisis dalam implementasi strategi adalah Matrix Internal Factor Evaluation dan analisis SWOT. Penyusunan matriks IFE dimulai dari pembuatan critical success factor, menentukan bobot dari CSF, menentukan rating setiap CSF, mengalikan bobot nilai dan rating dari masing-masing faktor, menjumlahkan semua skor untuk mendapat skor total. VCO memiliki kandungan asam lemak dan buah naga memiliki kandungan flavonoid yang bermanfaat sebagai antioksidan. Produk diversifikasi yang dihasilkan adalah sabun (produk spa). Bahan tambahan yang digunakan meliputi gliserin, propilenglikol dan NaOH. Salah satu unsur utama yang digunakan dalam strategi pemasaran sabun spa adalah unsur strategi persaingan produk yaitu segmentasi pasar, targeting dan positioning. VCO dan buah naga bermanfaat sebagai antioksidan alami untuk menjaga kesehatan kulit. Produk kesehatan ini perlu dikembangkan secara luas melalui strategi pemasaran (segmentasi pasar, targeting dan positioning).en_US
dc.description.sponsorshipFakultas Farmasi Universitas Jemberen_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectvirgin coconut oil (VCO)en_US
dc.subjectbuah nagaen_US
dc.subjectantioksidanen_US
dc.subjectanalisis pemasaranen_US
dc.titleKAJIAN POTENSI KOMBINASI VIRGIN COCONUT OIL (VCO) DAN BUAH NAGA (Hylocereus polyrhizus) SEBAGAI ANTIOKSIDAN ALAMI DAN STRATEGI PEMASARAN PRODUK SPA DIVERSIFIKASI VCO DAN BUAH NAGA DI BALIen_US
dc.typeProsidingen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record