Show simple item record

dc.contributor.authorUjang Sarwono
dc.date.accessioned2013-12-10T03:18:27Z
dc.date.available2013-12-10T03:18:27Z
dc.date.issued2013-12-10
dc.identifier.nimNIM070210402113
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/7252
dc.description.abstractObservasi awal menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas X7 SMA Negeri 1 Kencong dalam pembelajaran menulis teks pidato masih belum mencapai ketuntasan belajar. Salah satu faktor penyebabnya adalah strategi pembelajaran yang digunakan guru masih bersifat tradisional, sehingga mengakibatkan siswa menjadi pasif dalam belajar. Penerapan kegiatan peer correction digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam menulis teks pidato. Penerapan peer correction dipilih karena dengan teknik ini siswa dilibatkan secara langsung dalam kegiatan koreksi kesalahan berbahasa yaitu menulis. Kegiatan peer correction diharapkan dapat meningkatkan pemahaman siswa mengenai aturan-aturan yang benar dalam menulis, sehingga kemampuan siswa dalam menulis menjadi meningkat. Berdasarkan alasan tersebut, penelitian ini mengangkat permasalahan (1) bagaimanakah penerapan kegiatan peer correction untuk meningkatkan kemampuan menulis teks pidato siswa kelas X7 SMA Negeri 1 Kencong, dan (2) bagaimanakah kemampuan menulis siswa kelas X7 SMA Negeri 1 Kencong dalam menulis teks pidato setelah diterapkan kegiatan peer correction. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) mendeskripsikan kegiatan peer correction untuk meningkatkan kemampuan menulis teks pidato siswa kelas X7 SMA Negeri 1 Kencong, dan (2) mendeskripsikan kemampuan menulis teks pidato siswa kelas X7 SMA Negeri 1 Kencong setelah diterapkan kegiatan peer correction. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing dilaksanakan dalam 1 kali pertemuan dan dilakukan kolaborasi antara peneliti dengan viii guru. Data diperoleh dari hasil observasi yang dilakukan dalam suatu kegiatan pembelajaran, hasil wawancara dengan siswa dan guru Bahasa Indonesia kelas X7 SMA Negeri 1 Kencong. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran menulis teks pidato melalui kegiatan peer correction pada siswa kelas X7 SMA Negeri 1 Kencong mengalami peningkatan.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210402113;
dc.subjectKEMAMPUAN MENULIS TEKS PIDATO, PEER CORRECTIONen_US
dc.titlePENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS PIDATO MELALUI KEGIATAN PEER CORRECTION PADA SISWA KELAS X7 SMA NEGERI 1 KENCONGen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record