Show simple item record

dc.contributor.authorNUR FADHILAH
dc.date.accessioned2013-12-10T03:15:00Z
dc.date.available2013-12-10T03:15:00Z
dc.date.issued2013-12-10
dc.identifier.nimNIM090210204225
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/7243
dc.description.abstractMembaca permulaan adalah membaca yang dilaksanakan di kelas I dan II, dimulai dengan mengenalkan huruf-huruf dan lambang-lambang tulisan yang menitik beratkan pada aspek ketepatan menyuarakan tulisan, lafal dan intonasi yang wajar, kelancaran dan kejelasan suara. Berdasarkan hasil pengamatan pembelajaran membaca permulaan kelas 1 di SDN Rambipuji 03 tahun pelajaran 2012-2013, kemampuan membaca siswa sangat rendah. Siswa mengalami kesulitan dalam merangkai huruf menjadi kata serta dalam melafalkan konsonan dan vokal. Rendahnya kemampuan siswa dalam membaca tersebut disebabkan oleh sikap pasif siswa yaitu minat baca siswa masih rendah karena tidak adanya motivasi intrinsik dalam belajar membaca dan kurang sesuainya metode yang diterapkan guru dengan kondisi siswa dalam pembelajaran. Metode suku kata dipilih karena memiliki keunggulan yaitu 1) tidak menimbulkan kebingungan pada anak; 2) menghindari kesulitan membunyikan konsonan tanpa vokal; 3) metode suku kata cukup praktis dalam mengajarkannya. Berdasarkan hasil observasi dapat dikemukakan rumusan masalah yaitu bagaimanakah penerapan metode suku kata yang dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas 1 SDN Rambipuji 03 Jember tahun pelajaran 2012-2013? dan bagaimanakah kemampuan siswa kelas 1 SDN Rambipuji 03 Jember tahun pelajaran 2012-2013 sebelum dan sesudah menggunakan metode suku kata? Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan metode suku kata yang dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas 1 SDN Rambipuji 03 Jember tahun pelajaran 2012-2013 serta untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa kelas 1 SDN Rambipuji 03 tahun pelajaran 2012-2013 sebelum dan sesudah menggunakan metode suku kata. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilakukan di SDN Rambipuji 03 Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas I SDN Rambipuji 03 yang berjumlah 36 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, maka dapat diambil beberapa kesimpulan ”Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan melalui Metode Suku Kata pada Siswa Kelas I SDN Rambipuji 03 Tahun Pelajaran 2012/2013” berjalan dengan baik. Siswa mengamati benda, menyebutkan nama bendanya, menyusun suku kata menjadi sebuah kata dari nama benda tersebut. Kemampuan membaca permulaan siswa kelas 1 SDN Rambipuji 03 Jember setelah menggunakan metode suku kata mengalami peningkatan. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari perbandingan nilai siswa pada pra siklus, siklus 1 dan siklus 2. Pada pra siklus nilai rata-rata siswa 59,58. Setelah menggunakan metode suku kata pada siklus 1, ada peningkatan nilai rata-rata siswa menjadi 62,08 dan siswa yang mencapai nilai ketuntasan belajar yaitu 36 siswa atau 50%. Pada siklus 2 nilai rata-rata siswa naik menjadi 84,16 dan jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar sebanyak 31 siswa atau 86,11%. Berdasarkan hasil penelitian bahwa penerapan metode suku kata sangat baik dan efektif yang terbukti dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa kelas 1 SDN Rambipuji 03, dengan demikian maka disarankan agar dalam melaksanakan pembelajaran di sekolah, metode suku kata dapat dijadikan sebagai alternatif bagi guru dalam meningkatkan kemampuan dan hasil belajar khususnya pada pembelajaran membaca permulaan mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas 1 SD.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210204225;
dc.subjectKEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI METODE SUKU KATAen_US
dc.titleMENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI METODE SUKU KATA PADA SISWA KELAS 1 SDN RAMBIPUJI 03 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2012/2013en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record