dc.description.abstract | Kopi merupakan salah satu komoditas perkebunan yang memiliki peluang
pasar cukup besar, baik pasar dalam negeri maupun luar negeri. Peluang tersebut
dapat dilihat dari peringkat kopi Indonesia sebagai pengekspor kopi terbesar
ketiga didunia setelah Brazil, Vietnam, dan Colombia. Sedangkan untuk pasar
dalam negeri konsumsi kopi terus mengalami peningkatan setiap tahunnya.
Penguasaan lahan perkebunan kopi di Indonesia didominasi oleh masyarakat yang
bermatapencaharian utama sebagai petani kopi atau disebut juga dengan
perkebunan kopi rakyat. Jenis komoditas kopi yang banyak diusahakan oleh
perkebunan kopi rakyat adalah kopi robusta. Oleh sebab itu kopi rakyat identik
dengan jenis kopi yang diusahakan adalah kopi robusta.
Penelitian ini dilakukan pada petani kopi rakyat di Kecamatan Sumberbaru
Kabupaten Jember dengan tujuan yaitu: (1) mengetahui faktor–faktor yang
mempengaruhi peluang pilihan saluran pemasaran kopi rakyat; (2) mengetahui
efisiensi pemasaran pada masing–masing saluran pemasaran kopi rakyat. Metode
penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analitik deskriptif
dan metode pengumpulan data menggunakan data primer dan sekunder. Alat
analisis data yang digunakan adalah (1) efisiensi margin pemasaran dan (2)
analisis logit.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) faktor–faktor yang berpengaruh
nyata terhadap peluang pilihan saluran pemasaran adalah luas lahan, pendapatan
dan penguasaan lahan; (2) margin pemasaran saluran pemasaran 1 (petani –
tengkulak – pedagang pengecer – konsumen) adalah Rp 2.327, sedangkan saluran
pemasaran 2 (petani – tengkulak – pedagang besar – eksportir) adalah Rp 3.074
dan saluran pemasaran yang lebih efisien adalah saluran pemasaran 1. | en_US |