Show simple item record

dc.contributor.advisorSumarjono
dc.contributor.advisorMuchtar, H. Imam
dc.contributor.authorLasmono, Yusuf
dc.date.accessioned2016-01-26T05:20:43Z
dc.date.available2016-01-26T05:20:43Z
dc.date.issued2016-01-26
dc.identifier.nim070201027025
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/72376
dc.description.abstractPendidikan pada dasarnya upaya untuk mempersiapkan atau memberi bekal pada peserta didik agar dikemudian hari mereka dapat mandiri dan tanggap terhadap lingkungannya untuk menghadapi tantangan hidup dalam bermasyarakat. Pembelajaran PKn yang dilakukan saat ini lebih banyak bersifat verbal (jenjang kognitif masih berada di C1 dan C2 ), sehingga internalisasi nilai yang dikehendaki tidak dapat tercapai secara optimal. Di samping itu, biasanya pembelajaran PKn menggunakan metode ceramah, dan pemberian tugas, pembelajaran Pkn yang dilakukan hanya berlangsung di dalam ruang kelas, belum pernah dicoba untuk mengekplorasi lingkungan social sebagai sumber belajar untuk menciptakan suasana yang lebih menyenangkan dalam proses pembelajaran, sehingga akhirnya pembelajaran PKn menjadi membosankan, hal ini akan mempengaruhi aktifitas siswa dan motivasi belajarnya. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: (1) bagaimana peningkatkan aktivitas siswa kelas V SDN Pejarakan 01 kecamatan Randuagung Kabupaten Lumajang, dalam pembelajaran PKn materi organisasi melalui penerapan pendekatan CTL ?, (2) bagaimana peningkatkan hasil belajar siswa siswa kelas V SDN Pejarakan 01 Kecamatan Randuagung Kabupaten Lumajang, pada pembelajaran PKn materi organisasi melalui penerapan pendekatan CTL?. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) memperbaiki proses pembelajaran PKn sehingga tercipta suasana yang menyenangkan bagi siswa dalam belajar, (2) meningkatkan aktivitas siswa dalam proses, dan (3) meningkatkan hasil belajar siswa tentang organisasi. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN Pejarakan 01 Randuagung - Lumajang jumalah siswa 33 siswa terdiri dari 16 laki-laki dan 17 perempuan. Siswa dibagi menjadi 5 kelompok yang hiterogen. Penelitian ini menggunakan Penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Metode pengumpulan data melalui obeservasi, tes, dan dokumentasi teknis. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Deskriptif kualitatif untuk menganalisis data berupa observasi dan dokumentasi, sedangkan deskriptif kuantitatif untuk menganalisis tes individu. Pengambilan data mulai dilakukan tanggal 9 April 2010 sampai tanggal 17 April 2010 dengan subjek penelitian siswa kelas V SDN Pejarakan 01 Randuagung - Lumajang. Berdasarkan data yang telah diperoleh dari hasil observasi diketahui bahwa persentase aktivitas siswa selama pembelajaran dengan menggunakan Pendekatan Kontekstual adalah: pada siklus I persentase aktivitas siswa dengan kriteria baik sebesar 58%, siklus II sebesar 91%. Dari hasil tes akhir yang dilakukan siswa, terdapat 6% siswa yang tidak tuntas 94% siswa sudah tuntas. Berdasarkan hasil tersebut diketahui bahwa persentase ketuntasan belajar siswa secara klasikal adalah 94% melebihi kriteria ketuntasan klasikal. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar dan aktifitas siswa kelas V SDN Pejarakan 01 Randuagung dalam pembelajaran PKn materi organisasi.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectCTL UNTUK MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN PKnen_US
dc.titlePENERAPAN PENDEKATAN CTL UNTUK MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN PKn TENTANG ORGANISASI PADA SISWA KELAS V SDN PEJARAKAN 01 RANDUAGUNG – LUMAJANGen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record