Show simple item record

dc.contributor.advisorPrihandono, Trapsilo
dc.contributor.authorAzizi, Rizka
dc.date.accessioned2016-01-26T04:41:37Z
dc.date.available2016-01-26T04:41:37Z
dc.date.issued2016-01-26
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/72360
dc.description.abstractFisika merupakan ilmu yang bersifat empiris, artinya setiap hal yang dipelajari dalam fisika didasarkan pada hasil pengamatan terhadap gejala-gejala alam. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru mata pelajaran fisika kelas X di SMA Negeri Kalisat, peneliti memperoleh informasi bahwa hasil belajar fisika siswa masih tergolong rendah. Selain hasil belajar fisika yang rendah, keterampilan proses sains siswa juga tergolong masih rendah, hal ini dikarenakan guru jarang menggali dan menggunakan pengalaman awal sains siswa dalam merancang pembelajaran fisika dan belum memberdayakan aktivitas pembelajaran di laboratorium/kegiatan eksperimen sebagai salah satu bentuk penyediaan pengalaman belajar pada siswa secara lebih optimal dan leluasa. Oleh karena itu, perlu diterapkan model dan metode pembelajaran yang berbasis pada kontruktivisme, salah satunya adalah model pembelajaran kooperatif tipe STAD disertai metode eksperimen. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mengkaji pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD disertai metode eksperimen terhadap keterampilan proses sains siswa kelas X di SMA Negeri Kalisat, (2) mengkaji pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD disertai metode eksperimen terhadap hasil belajar fisika siswa kelas X di SMA Negeri Kalisat.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectMODEL PEMBELAJARANen_US
dc.titleDAMPAK MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) DISERTAI METODE EKSPERIMEN TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X DI SMA NEGERI KALISATen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record