Show simple item record

dc.contributor.authorARIE EKO CAHYONO
dc.date.accessioned2013-07-24T06:04:58Z
dc.date.available2013-07-24T06:04:58Z
dc.date.issued2013-07-24
dc.identifier.nimNIM070210301080
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/722
dc.description.abstractMetode pembelajaran pada mata pelajaran IPS di SMK PGRI 05 Jember masih menggunakan metode konvensional, yaitu berupa metode ceramah. Hal ini menyebabkan hasil belajar siswa masih belum meningkat. Oleh sebab itu, guru perlu menerapkan metode dalam proses pembelajaran yang sesuai untuk meningkatan pemahaman siswa yaitu dengan bimbingan kelompok kecil. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan keterampilan bimbingan kelompok kecil dan apakah pemahaman konsep siswa dapat meningkatkan pemahaman siswa. Penelian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran IPS. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas 2APk 1 semester ganjil di SMK PGRI 05 Jember tahun ajaran 2011/2012. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus yang masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, metode wawancara, metode tes dan metode dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa penerapan bimbingan kelompok kecil dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa. Peningkatan pemahaman dapat diketahui dari hasil siswa mengerjakan lembar kerja siswa yang dilakukan pada saat pembelajaran IPS. Pada siklus pertama, dari 50 siswa ada 26 siswa yang mendapat nilai dibawah 75. Sedangkan pada siklus kedua dari 50 siswa yang mengikuti pembelajaran ada 12 orang yang mendapat nilai dibawah 75. Pada siklus ketiga dari 50 siswa hanya 6 siswa yang mendapat nilai dibawah 75. Oleh karena itu, bimbingan kelompok kecil berbantuan lembar kerja siswa dapat digunakan sebagai alternatif dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210301080;
dc.subjectBimbingan Kelompok Kecil, Lembar Kerja Siswa, Pemahaman Konsepen_US
dc.titlePENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK KECIL BERBANTUAN LEMBAR KERJA SISWA (Studi Di SMK PGRI 05 Jember Kelas 2 APk1 Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Pokok Bahasan Struktur Sosial Semester Ganjil Tahun Ajaran 2011/2012)en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record