dc.description.abstract | Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi secara cepat sangat
berpengaruh besar terhadap sistem pendidikan di Indonesia. Sejalan dengan kemajuan
tersebut membawa pengaruh di sekolah – sekolah, terutama bidang kurikulum.
Kurikulum 2013 atau Pendidikan Berbasis Karakter adalah kurikulum baru yang
dicetuskan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI untuk menggantikan
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Kurikulum 2013 merupakan sebuah
kurikulum yang mengutamakan pemahaman, skill, dan pendidikan berkarakter, siswa
dituntut untuk paham atas materi, aktif dalam berdiskusi dan presentasi serta
memiliki sopan santun serta disiplin yang tinggi. Berbagai macam model
pembelajaran ditawarkan untuk meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran
diantaranya adalah model pembelajaran Guided Note Taking dan Think Pair Share.
Guided Note Taking merupakan salah satu model pembelajaran active learning yang
dipilih untuk membantu penyampaian materi ajar dengan menggunakan hand
out dengan menyimpulkan poin-poin penting dari sebuah pelajaran yang disampaikan
dengan ceramah. Sedangkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share
(TPS) adalah salah satu model pembelajaran yang cukup efektif untuk meningkatkan
aktivitas belajar siswa karena siswa dituntut untuk melakukan aktivitas yang lebih
banyak saat belajar. Think Pair Share (TPS) memberikan kesempatan kepada siswa
untuk bekerja sendiri serta bekerja sama dengan orang lain.
Tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut: (a) untuk mengetahui
pengaruh model pembelajaran Guide Note Taking (GNT) dan Think Pair Share (TPS)
terhadap aktivitas belajar IPA Biologi siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Jember; (b)
untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Guide Note Taking (GNT) dan
Think Pair Share (TPS) terhadap hasil belajar IPA Biologi siswa kelas VIII SMP
Negeri 13 Jember.
Penelitian ini adalah quasi eksperimen. Subjek penelitian adalah siswa kelas
VIII-C sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-D sebagai kelas kontrol. Waktu
penelitian dilaksanakan pada 28 November 2014 – 5 Desember 2014 semester ganjil
tahun ajaran 2014/2015. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah
dokumentasi, observasi, tes, dan wawancara. Adapun parameter yang diukur adalah
aktivitas dan hasil belajar siswa. Aktivitas memuat aspek afektif dan aktivitas motorik
siswa yang dimuat menjadi satu pada saat penerapan model pembelajaran Guided
Note Taking dan Think Pair Share, sedangkan hasil belajar diwujudkan dalam bentuk
nilai pre-test dan post-test. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis
ANAKOVA untuk menunjukkan pengaruh yang signifikan (F=6,39, db=1, p=0,01)
dalam penerapan model pembelajaran Guided Note Taking dan Think Pair Share
pada materi Sistem Pencernaan Manusia terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas
VIII di SMP Negeri 13 Jember. Adapun metode uji t (independent sample t-test)
untuk menunjukkan perbedaan yang signifikan dalam penerapan model
pembelajaran Guided Note Taking dan Think Pair Share pada materi Sistem
Pencernaan Manusia terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model
pembelajaran Guided Note Taking dan Think Pair Share dapat meningkatkan
aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dari nilai aktivitas dan hasil
belajar siswa di kelas eksperimen memiliki nilai yang lebih tinggi dibandingkan
dengan kelas kontrol. | en_US |