Show simple item record

dc.contributor.advisorPujiastuti
dc.contributor.advisorAprliya, Sulifah
dc.contributor.authorRachmawati, Frina
dc.date.accessioned2016-01-25T08:29:58Z
dc.date.available2016-01-25T08:29:58Z
dc.date.issued2016-01-25
dc.identifier.nim080210193042
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/72271
dc.description.abstractPengajaran berintikan interaksi antara guru dengan siswa. Guru memiliki peran yang sangat penting dalam menentukan arah pembelajaran di kelas. Guru harus selalu memikirkan perencanaan pembelajaran secara seksama dalam meningkatkan kualitas belajar bagi siswanya. Untuk memenuhi hal tersebut, guru dituntut mampu mengelola proses belajar-mengajar yang memberikan stimulus kepada siswa sehingga siswa mau belajar, karena siswalah subjek utama dalam belajar. Menciptakan kondisi belajar-mengajar yang efektif harus ada partisipasi aktif dari siswa (Chabibah, 2010:63). Berdasarkan hasil observasi menunjukkan bahwa siswa kurang berminat dalam belajar biologi dan siswa kurang termotivasi dalam proses belajar, dibuktikan dari hasil belajar siswa yang tidak memenuhi standart ketuntasan belajar biologi dan juga dapat dilihat dari kegiatan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran yang tidak begitu antusias dan cenderung tidak meperhatikan pelajaran yang disajikan oleh guru di SMP Negeri 14 Jember. Hal ini dikarenakan guru belum melibatkan siswa dalam kegiatan praktikum sederhana didalam proses mengajar. Kondisi kelas pasif dan hanya terjadi pemberian informasi dari guru ke siswa. Guru cenderung menggunakan metode konvensional yaitu ceramah. Maka dari hasil observasi tersebut peneliti mencoba untuk memberikan solusi dari permasalahan pembelajaran dengan menerapkan sebuah model pembelajaran yang sepenuhnya melibatkan siswa dalam kegiatan belajar. Peneliti menerapkan model pembelajaran model siklus belajar (Learning Cycle 5E) berbantuan LKS dengan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan motivasi dan ketuntasan hasil belajar siswa dalam pembelajaran biologi. Motivasi siswa dalam kegiatan pembelajaran pada akhir siklus II aspek attention mengalami peningkatan sebesar 4,19 atau 13,09%, aspek relevance meningkat 5,56 atau 17,36%, aspek confidence meningkat 3,16 atau 9,87%, dan aspek satisfaction mengalami peningkatan sebesar 4,52 atau 14,13%. Rata-rata hasil motivasi belajar siswa pada seluruh aspek mengalami peningkatan skor dari pra siklus I ke pasca siklus II. Hasil peningkatan skor rata-rata capaian dari seluruh aspek sebesar 4,35 dari 20,73 pada pra siklus I menjadi 25,08 pasca siklus II. Rata-rata motivasi yang diperoleh pada pra siklus I masuk dalam kategori cukup baik sedangkan rata-rata motivasi pasca siklus II masuk dalam kategori baik. Hasil tersebut menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa, peningkatan motivasi tersebut dikarenakan proses pembelajaran dengan menggunakan model Siklus Belajar ( Learning Cycle 5E) Rata-rata hasil belajar kognitif siswa adalah sebagai berikut Kriteria Σ siswa tuntas Σ siswa tidak tuntas Persentase ketuntasan (%) Pra Siklus 18 19 48,6 Siklus I 21 16 56,8 Siklus II 30 7 81 Peningkatan 12 12 32,4% Pada tabel yang tersaji menunjukkan peningkatan kognitif siswa menggunakan model Siklus Belajar ( Learning Cycle 5E) berbantuan LKS. Siklus dihentikan karena nilai tersebut sudah melebihi standart ketuntasan klasikal. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model Siklus Belajar (Learning Cycle 5E) berbantuan LKS dapat meningkatkan motivasi dan ketuntasan hasil belajar siswa, hal ini dibuktikan dari hasil aktivitas siswa yang meningkat dari pra siklus sampai dilaksanakan siklus I dan siklus II dan juga disertai peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa yang dapat memenuhi standart ketuntasan klasikal. Peneliti berharap dari penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan ini, guru hendaknya selalu melakukan inovasi dalam pembelajaran untuk meningkatkan motivasi dan ketuntasan hasil belajar siswa.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectSiklus Belajar (Learning Cycle 5E) Berbantuan LKSen_US
dc.subjectMotivasi dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIIIen_US
dc.titlePENERAPAN MODEL SIKLUS BELAJAR (LEARNING CYCLE 5E) BERBANTUAN LKS UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI (Siswa Kelas VIII D Tahun Ajaran 2014/2015 SMP Negeri 14 Jember)en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record