Show simple item record

dc.contributor.advisorSuratno
dc.contributor.advisorAprilya H., Sulifah
dc.contributor.authorPrakoso, Brilian Akbar Kukuh
dc.date.accessioned2016-01-25T08:24:49Z
dc.date.available2016-01-25T08:24:49Z
dc.date.issued2016-01-25
dc.identifier.nim100210103084
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/72270
dc.description.abstractPenelitian tindakan kelas ini dilatarbelakangi oleh metode pembelajaran yang kurang tepat khususnya pada siswa kelas VIIC di SMP Negeri 1 Pakem, Bondowoso. Terbukti dengan rendahnya rata – rata perolehan nilai ulangan harian IPA biologi siswa pada materi sebelumnya yaitu 62,8 dengan ketuntasan hasil belajar sebesar 57,7% dari 26 siswa yang diukur dari tingkat hasil belajar secara klasikal dengan cara melakukan tes dan hasil tersebut belum memenuhi SKM (Standar Ketuntasan Minimal) di SMP Negeri 1 Pakem, Bondowoso sebesar ≥70. Permasalahan lain yang melatarbelakangi penelitian tindakan kelas ini yaitu keterampilan siswa terutama dalam pemecahan masalah kelas VIIC masih sangat rendah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dilengkapi dengan media gambar pada pelajaran IPA Biologi siswa kelas VIIC SMP Negeri 1 Pakem, Bondowoso tahun pelajaran 2014/2015 dan bagaimanakah peningkatan keterampilan pemecahan masalah siswa dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dilengkapi dengan media gambar pada pelajaran IPA Biologi siswa kelas VIIC SMP Negeri 1 Pakem, Bondowoso tahun pelajaran 2014/2015. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dilengkapi dengan media gambar pada pelajaran IPA Biologi siswa kelas VIIC SMP Negeri 1 Pakem, Bondowoso tahun pelajaran 2014/2015 dan untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah siswa dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dilengkapi dengan media gambar pada pelajaran IPA Biologi siswa kelas VIIC SMP Negeri 1 Pakem, Bondowoso tahun pelajaran 2014/2015. Penentuan tempat penelitian ini menggunakan metode purposive area yaitu tempat penelitian sudah ditentukan dengan sengaja disesuaikan engan tujuan penelitian yakni di kelas VIIC SMP Negeri 1 Pakem, Bondowoso. Penentuan subjek penelitian menggunakan metode populasi, yaitu seluruh siswa di kelas VIIC SMP Negeri 1 Pakem, Bondowoso. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan model skema spiral dari Hopkins yang terdiri atas 2 siklus. Pada masing-masing siklus terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan tindakan (planning), penerapan tindakan (action), mengobservasi dan mengevaluasi proses dan hasil tindakan (observation and evaluation), dan melakukan refleksi dan seterusnya sampai perbaikan atau peningkatan yang diharapkan tercapai (kriteria keberhasilan). Analisis data pada penelitian ini antara lain menghitung keterampilan pemecahan masalah siswa dan menghitung presentase hasil belajar siswa. Hasil penelitian tindakan kelas ini yaitu terdapat peningkatan keterampilan pemecahan masalah siswa kelas VIIC SMP Negeri 1 Pakem, Bondowoso pada pembelajaran IPA biologi dengan peningkatan dari pra siklus ke siklus I yaitu sebesar 57,6% dari 7,6% menjadi 65,3% sedangkan siklus I ke siklus II sebesar 19,2% dari 65,3% menjadi 84,6% dan terdapat peningkatan hasil belajar siswa dengan peningkatan dari pra siklus ke siklus I yaitu sebesar 9,7% dari 62,8% menjadi 72,5% sedangkan siklus I ke siklus II sebesar 8,1% dari 72,5% menjadi 80,6%. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan PBL dilengkapi dengan media gambar di kelas VIIC SMP Negeri 1 Pakem, Bondowoso dapat meningkatkan keterampilan pemecahan masalah dan hasil belajar IPA biologi siswa.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectKeterampilan Pemecahan Masalahen_US
dc.subjectHasil Belajar IPA Biologien_US
dc.subjectProblem Based Learning (PBL)en_US
dc.subjectMedia Gambar pada Mata Pelajaran IPA Biologien_US
dc.titlePENINGKATAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH DAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI MELALUI PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DILENGKAPI DENGAN MEDIA GAMBAR PADA MATA PELAJARAN IPA BIOLOGI (Sub Materi Pokok Organ dan Sistem Organ Kelas VIIC Tahun Pelajaran 2014/2015 SMP Negeri 1 Pakem, Bondowoso)en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record