Show simple item record

dc.contributor.authorReni Aprilia
dc.date.accessioned2013-12-10T03:02:18Z
dc.date.available2013-12-10T03:02:18Z
dc.date.issued2013-12-10
dc.identifier.nimNIM070210402050
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/7211
dc.description.abstractBahasa merupakan alat komunikasi manusia. Ada berbagai jenis media perantara yang digunakan masyarakat dalam berkomunikasi yaitu dalam bentuk lisan maupun tulisan. Retorika adalah seni yang mengajarkan orang tentang kaidah dasar pemakaian bahasa yang efektif. Keterampilan menulis adalah keterampilan berbahasa yang digunakan untuk berkomunikasi secara tidak langsung, tidak secara tatap muka dengan orang lain. Mengarang merupakan salah satu keterampilan menulis. Tujuan menulis ialah siswa mampu mengekspresikan berbagai pikiran, gagasan, pendapat, dan perasaan dalam berbagai ragam tulisan. Standar kompetensi siswa dalam menulis salah satunya adalah mengungkapkan informasi melalui penulisan paragraf dan teks pidato. Kompetensi dasar yang harus dicapai siswa adalah menulis gagasan untuk meyakinkan atau mengajak pembaca bersikap atau melakukan sesuatu dalam paragraf persuasif. Indikator yang harus dicapai siswa dalam menulis paragraf persuasi yaitu siswa mampu menulis paragraf persuasi dengan tema yang bebas secara aktif dengan menggunakan pilihan kata dan kalimat persuasi yang menarik sehingga meyakinkan pembaca. Penelitian ini mengkaji kemampuan siswa beretorika dalam menulis karangan persuasi. Kemampuan tersebut meliputi kemampuan menggunakan diksi (pilihan kata) dan gaya bahasa. Alasan mengkaji diksi dan gaya bahasa dalam karangan persuasi siswa adalah mengingat ketepatan dan kesesuaian pilihan kata dapat menyebabkan gagasan yang disampaikan menjadi jelas, sedangkan alasan mengkaji gaya bahasa untuk mengetahui gaya bahasa yang digunakan oleh siswa ketika menyampaikan ide, gagasan, dan perasaan dalam bentuk tulisan atau karangan sehingga apa yang disampaikan oleh pemakai bahasa dapat menimbulkan efek dan viii nilai rasa tertentu kepada pembaca. Kajian ini di fokuskan pada pembahasan mengenai diksi dan gaya bahasa. Pembahasan yang dikaji terdiri atas dua masalah yaitu: 1) Bagaimanakah penggunaan diksi dalam karangan persuasi siswa di kelas XE SMA Negeri 2 Tanggul? Diksi meliputi: (a) penggunaan kata umum dan kata khusus; (b) penggunaan kata ilmiah dan kata populer; (c) penggunaan denotatif dan konotatif, 2) Bagaimanakah penggunaan gaya bahasa dalam karangan persuasi siswa di kelas X-E SMA Negeri 2 Tanggul?. Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan penggunaan diksi dalam karangan persuasi siswa di kelas X-E SMA Negeri 2 Tanggul. Diksi meliputi: (a) penggunaan kata umum dan kata khusus; (b) penggunaan kata ilmiah dan kata populer; (c) penggunaan denotatif dan konotatif, 2) Mendeskripsikan penggunaan gaya bahasa dalam karangan persuasi siswa di kelas X-E SMA Negeri 2 Tanggul.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210402050;
dc.subjectRETORIKA, PERSUASIen_US
dc.titleRETORIKA DALAM KARANGAN PERSUASI SISWA DI KELAS X-E SMA NEGERI 2 TANGGUL KECAMATAN TANGGUL KABUPATEN JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record