dc.description.abstract | Penelitian ini meneliti hubungan kualitas pelayanan dengan kepuasan
pelanggan. Kualitas pelayanan sendiri terdiri dari beberapa indikator, yaitu
kehandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance), empati
(emphaty), dan bukti fisik (tangibles). Penelitian ini dilakukan pada WaroenkNet
Jember dengan member yang berjumlah 348 orang. Sampel yang digunakan pada
penelitian ini menggunakan metode Purposive Sampling sehingga diperoleh sampel
sebesar 78 responden. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis
rank spearman. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah
hubungan antara kualitas pelayanan dengan kepuasan pelanggan pada WaroenkNet
Jember dan mengetahui seberapa besar hubungan kualitas pelayanan dengan
kepuasan pelanggan pada WaroenkNet Jember.
Hasil perhitungan menunjukkan nilai rs adalah 0,646, dengan nilai tabel untuk
N = 78, α = 5% yaitu 0,364. Data tersebut menunjukkan bahwa nilai rs hitung lebih
besar dari nilai rs tabel (rs hitung > rs tabel), yang berarti hipotesis alternatif (Ha)
diterima dan hipotesis statistik (Ho) ditolak. Hasil perhitungan korelasi rank
spearman dengan taraf signifikansi 5% dengan hasil sebesar 0,646 menunjukkan
berada pada interval 0,600 – 0,799 yang membuktikan interpretasi korelasi tingkat
hubungan yang kuat. Hasil perhitungan tersebut juga menunjukkan bahwa koefisien
korelasi bernilai positif (0,646), artinya apabila kualitas pelayanan meningkat, maka
kepuasan pelanggan akan meningkat pula, dan sebaliknya apabila kualitas pelayanan
menurun, maka kepuasan pelanggan akan menurun pula. Hasil perhitungan korelasi
rank spearman tersebut diperkuat dengan uji t yang diperoleh hasil sebesar 7,375.
Jika diukur dengan tabel df N-2 dengan tingkat signifikasi α=5% untuk uji tes dua
pihak menunjukkan 2,042 yang berarti t hitung > t tabel. Terdapat hubungan yang
kuat antara kualitas pelayanan dengan kepuasan pelanggan pada WaroenkNet Jember.
Program Studi Ilmu Administrasi Niaga, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik,
Universitas Jember.
(Dilaksanakan berdasarkan Surat Izin Penelitian dari Lembaga Penelitian Universitas
Jember, dengan nomor 0635/H25.1.2/PL.5/2010) | en_US |