dc.description.abstract | Pengaruh Partisipasi Orang Tua ( Bimbingan Orang Tua Dan Motivasi Belajar )
Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi ( Studi Kasus Pada
Siswa Kelas VIII SMP 17 Agustus Semboro Semester Genap tahun Ajaran
2009/2010) Kristenti Wulandari, 030210301277, 2010, 95 hlm, Program Studi
Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ilmu Sosial, Fakultas Keguruan Dan Ilmu
Pendidikan.
Partisipasi orang tua dalam proses belajar anak sangat besar pengaruhnya
terhadap minat dan hasil belajar anak. Partisipasi orang tua adalah suatu bentuk
keterlibatan orang tua baik langsung maupun tidak langsung untuk membantu proses
perubahan dalam diri anak, serta mengatasi kesulitan mereka, yang dapat di lakukan
melalui bimbingan di rumah dan motivasi belajar.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan dari
bimbingan orang tua di rumah dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa
kelas VIII SMP 17 Agustus Semboro semester genap tahun ajaran 2009/2010.
Metode penentuan lokasi penelitian menggunakan metode purposive yaitu SMP
17 Agustus Semboro semester genap.Metode pengambilan sampel dalam penelitian
ini adalah proposional random sampling sebanyak 54 siswa, sedangkan metode
pengumpulan data menggunakan angket,wawancaradan dokumentasi. Analisis data
yang digunakan adalah analisis deskriptif dan inferensial.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa bimbingan orang tua dan motivasi belajar
berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII SMP 17 Agustus
Semboro semester genap tahun ajaran 2009/2010. Hal ini di tunjukkan dari hasil
perhitungan proposi sumbangan masing – masing variabel, yaitu bimbingan orang tua
di rumah (X1) sebesar 36,35% dan motivasi belajar (X2) sebesar 42,85%. Sedang
sisanya sebesar 20,8 % di jelaskan dalam faktor lain yaitu fasilitas belajar dan jalinan kominikasi dengan sekolah. | en_US |