Show simple item record

dc.contributor.advisorSugiarti, Titik
dc.contributor.authorKUSWARINI, Ririn
dc.date.accessioned2016-01-22T01:59:09Z
dc.date.available2016-01-22T01:59:09Z
dc.date.issued2016-01-22
dc.identifier.nim070210274011
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/71934
dc.description.abstractPembelajaran matematika di tingkat dasar bertujuan sesuai dengan kurikulum, guru cenderung menggunakan teknik pembelajaran yang berpusat pada guru, dan bersifat verbal, sehingga membuat siswa kurang menyenangi pelajaran matematika akibatnya hasil belajar menjadi rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) mengetahui aktifitas siswa kelas IV dalam pembelajaran matematika materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat melalui penerapan metode demonstrasi dengan media tangga bilangan, (2) mengetahui hasil belajar siswa kelas IV dalam pembelajaran matematika materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat melalui penerapan metode demonstrasi dengan media tangga bilangan. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Tempeh Kidul 01 Tempeh – Lumajang, yang terdiri dari 24 siswa, 10 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Siswa dibagi menjadi 6 kelompok yang hiterogen. Penelitian ini menggunakan Penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Metode pengumpulan data melalui obeservasi, tes, dan dokumentasi teknis. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Deskriptif kualitatif untuk menganalisis data berupa observasi, dokumentasi, sedangkan deskriptif kuantitatif untuk menganalisis tes individu. Pengambilan data mulai dilakukan tanggal 26 Pebruari 2010 sampai 15 Juni 2010, dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN Tempeh Kidul 01 Tempeh – Lumajang. Data yang dikumpulkan berupa aktifitas siswa, aktifitas guru, dan tes individu. Berdasarkan data yang telah diperoleh dari hasil observasi diketahui bahwa persentase aktivitas siswa selama pembelajaran matematika dalam penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat adalah: pada siklus I persentase hasil aktivitas siswa dengan kriteria baik sebesar 58%; siklus II sebesar 92%. Dari hasil tes akhir yang dilakukan siswa, terdapat 92% siswa dengan yang tuntas. Berdasarkan hasil tersebut diketahui bahwa persentase ketuntasan belajar siswa secara klasikal melebihi kriteria ketuntasan klasikal yang ditentukan sekolah yaitu 75%. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan metode demonstrasi dalam pembelajaran matematika materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat dapat meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Tempeh Kidul 01 Tempeh – Lumajang.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectHASIL BELAJARen_US
dc.titlePenerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa KeLAS IV Dalam Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat Di SDN Tempeh Kidul 01 Tempeh - Lumajangen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record