• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X MAN 1 JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    LIA SANDRA PARWATININGSIH Cover.pdf (378.5Kb)
    2. BAB 1_OK.pdf (241.7Kb)
    3. BAB 2_OK.pdf (308.3Kb)
    4. BAB 3_OK.pdf (464.5Kb)
    Date
    2016-01-22
    Author
    PARWATININGSIH, LIA SANDRA
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Media pembelajaran adalah suatu bagian yang integral dari proses pendidikan. Setiap guru yang profesional harus menguasai itu menjadi suatu aspek yang penting. Aspek ini telah berkembang sedemikian rupa berkat kemajuan ilmu dan teknologi dan perubahan sikap masyarakat, maka bidang ini telah ditafsirkan secara lebih luas dan mempunyai fungsi yang lebih luas pula serta memiliki nilai yang sangat penting dalam dunia pendidikan di sekolah. Alat, metode dan teknik pembelajaran yang digunakan dalam rangka lebih mengefektifkan komunikasi dan interaksi antara guru dan siswa dalam proses pendidikan dan pengajaran di sekolah. Menurut Sudjana dan Riva’i (1989: 11) berpendapat bahwa penggunaan media pengajaran dapat mempertinggi kualitas belajar siswa. Pembelajaran biologi hendaknya mempertimbangkan media pembelajaran yang digunakan sebagai alat ajar. Menurut Sudjana dan Riva’i (1991: 97-138) media komputer mempunyai kelebihan yaitu dapat membangkitkan motivasi belajar siswa. Warna, musik dan grafik animasi dapat menambah kesan realistik, dapat diprogram melengkapi suasana sikap yang lebih positif terutama berguna bagi siswa yang lamban. Melalui perangkat lunak (software) dan perangkat keras (hardware) dari komputer, kita dapat membuat suatu media pembelajaran, salah satunya adalah media animasi. Animasi memiliki makna menggerakkan obyek agar menjadi hidup (Gora, 2004: 1-2). Kemajuan teknologi, guru dalam proses belajar mengajar memberikan informasi kepada siswa mulai menggunakan komputer tidak lagi menggunakan metode ceramah. Kenyataan di sekolah pada umumnya proses belajar mengajar masih didominasi oleh metode konvensional yang menyebabkan siswa pasif (Karuru, 2003:789). Upaya untuk mengatasi kondisi tersebut perlu diadakan pembelajaran yang menyenangkan, efektif dan interaktif yaitu dengan menggunakan alat bantu berupa media animasi flash. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media animasi flash terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X MAN 1 Jember. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Proses tabulasi data dilaksanakan dengan observasi mengajar, dokumentasi, tes hasil belajar kognitif biologi siswa yang berupa test, angket motivasi sebagai data pendukung saja, wawancara guru maupun siswa terhadap penggunakan media animasi flash. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan ANAVA untuk menguji homogenitas dan analisis uji Anova yang dilanjutkan uji LSD terhadap data nilai kognitif, pada angket motivasi di analisis menggunakan uji frequencies. Berdasarkan hasil analisis data terhadap hasil postest siswa yang telah dilakukan penelitian dapat diketahui bahwa besarnya Fhitung sebesar 15,85. Nilai Ftabel dengan df pembilang 1 dan df penyebut 70 dan taraf signifikansi 0,05 adalah 3,98 maka didapatkan, maka Fhitung > Ftabel (15,85> 3,98), maka H0 ditolak (Alhusin, 2003 : 112) atau dengan kata lain kedua media memberikan pengaruh yang berbeda terhadap nilai belajar biologi siswa pada pokok bahasan virus tahun ajaran 2009/2010. Hasil perhitungan efektivitas relatif penggunaan media animasi flash terhadap media charta adalah sebesar 18,2%. Berdasarkan hasil analisis frequencies angket motivasi siswa sebagai data pendukung menunjukkan bahwa kelas yang menggunakan media animasi flash memiliki motivasi yang lebih besar terhadap siswa dibandingkan kelas yang menggunakan media charta. Perbedaan tingkat motivasi terhadap media pembelajaran yang digunakan ini diduga mempengaruhi terhadap hasil belajar, yaitu kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/71912
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15422]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository