Show simple item record

dc.contributor.advisorDafik
dc.contributor.advisorLatief, Misno A
dc.contributor.authorBudiawan, Sujud
dc.date.accessioned2016-01-13T08:23:39Z
dc.date.available2016-01-13T08:23:39Z
dc.date.issued2016-01-13
dc.identifier.nim070210204344
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/71398
dc.description.abstractAktivitas siswa dalam belajar yang kurang pada mata pelajaran matematika akan berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Salah satu faktor yang mempengaruhinya adalah model pembelajaran yang digunakan guru di kelas cenderung monoton, sehingga kurang membangkitkan semangat belajar siswa. Penerapan pembelajaran model kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dapat menimbulkan kondisi belajar yang menyenangkan, meningkatkan keterampilan sosial dan aktifitas siswa, membantu siswa dalam memahami materi pecahan melalui belajar secara berkelompok, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui pelaksanaan pembelajaran model kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada pokok bahasan bilangan pecahan di kelas V SD Negeri Sumberlesung 01 Ledokombo Kabupaten Jember tahun ajaran 2009/2010; (2) mengetahui aktivitas siswa selama mengikuti pembelajaran model kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada pokok bahasan bilangan pecahan di kelas V SD Negeri Sumberlesung 01 Ledokombo Kabupaten Jember tahun ajaran 2009/2010; (3) mengetahui persentase ketuntasan hasil belajar siswa setelah pelaksanaan pembelajaran model kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada pokok bahasan bilangan pecahan di kelas V SD Negeri Sumberlesung 01 Ledokombo Kabupaten Jember tahun ajaran 2009/2010. ix Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Sumberlesung 01. Pengambilan data dilakukan pada tanggal 16 Februari 2010 sampai dengan 06 Maret 2010. Subjek penelitian adalah siswa kelas V. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif. Sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, observasi, wawancara dan tes. Data yang dikumpulkan yaitu aktivitas siswa dan guru selama pembelajaran berlangsung dan hasil belajar siswa. Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa pelaksanaan pembelajaran model kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada pokok bahasan operasi bilangan pecahan terlaksana dengan lancar. Penelitian ini terdiri atas 2 siklus dan masing-masing siklus terdiri dari 2 kali pembelajaran. Aktivitas siswa secara klasikal mengalami peningkatan dibandingkan pembelajaran sebelumnya. Persentase keaktifan siswa secara klasikal adalah 64,00% pada pembelajaran I dan meningkat menjadi 74,13% pada pembelajaran II di siklus I, 75,73% pada pembelajaran III dan meningkat menjadi 81,60% pada pembelajaran IV siklus II. Kesulitan yang dihadapi selama proses pembelajaran berlangsung antara lain terdapat beberapa siswa yang sulit berinteraksi dengan teman-temannya, kurang berpartisipasi dan cenderung pasif. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I adalah 68% dan mencapai 84% pada siklus II. Hal tersebut menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Ketuntasan klasikalnya tercapai pada siklus II  75%, yaitu 84%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan aktivitas dan hasil belajar pada pokok bahasan bilangan pecahan. Penerapan pembelajaran model kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dapat menciptakan suasana pembelajaran yang aktif, menarik minat siswa untuk belajar, menumbuhkan kemampuan siswa dalam berinteraksi serta bekerja sama dengan teman kelompoknya sehingga dapat mengembangkan keterampilan sosial siswa.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectNUMBERED HEADS TOGETHER (NHT)en_US
dc.titlePENERAPAN PEMBELAJARAN MODEL KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN BILANGAN PECAHAN DI KELAS V SD NEGERI SUMBERLESUNG 01 LEDOKOMBO JEMBER TAHUN AJARAN 2009/2010en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record