Show simple item record

dc.contributor.advisorIndrawati
dc.contributor.advisorGani, Agus Abdul
dc.contributor.authorAl Faizah, Wilujeng Afifah
dc.date.accessioned2016-01-13T08:13:16Z
dc.date.available2016-01-13T08:13:16Z
dc.date.issued2016-01-13
dc.identifier.nim110210102067
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/71394
dc.description.abstractFisika merupakan ilmu yang bersifat empiris, artinya setiap hal yang dipelajari dalam fisika didasarkan pada hasil pengamatan tentang alam dan gejala-gejalanya. Dengan demikian fisika sebenarnya ilmu yang dipelajari bukan hanya dari proses menghitung, membaca, dan memperhatikan penjelasan guru saja, tetapi pembelajaran fisika seharusnya juga sesuai dengan hakikat IPA.Untuk menjawab mengenai hal tersebut diperlukan suatu model pembelajaran, salah satunya adalah model pembelajaran Group Investigation. Model pembelajaran Group Investigation disertai media foto kejadian nyata dalam pembelajaran fisika terintegrasi di SMA yang berperan pada tahap pertama pembelajaran dalam mengidentifikasi topik sebagai awal dari perencanaan investigasi. Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah: (1) Apakah model pembelajaran Group Investigation disertai media foto kejadian nyata dalam pembelajaran fisika terintegrasi berpengaruh signifikan terhadap aktivitas belajar fisika di SMA Negeri 3 Jember? (2) Apakah model pembelajaran Group Investigation disertai media foto kejadian nyata dalam pembelajaran fisika terintegrasi berpengaruh terhadap hasil belajar fisika di SMA Negeri 3 Jember Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan random post-test design.Tempat penelitian ditentukan menggunakan cara purposive sampling area. Sampel penelitian dipilih dengan cara cluster random sampling. Pengambilan data penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 3 Jember mulai 11 September 2015 sampai dengan 15 Oktober 2015. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, wawancara, dan tes. Teknik analisis data menggunakan Independent Sample T-test dengan bantuan SPSS 16 untuk menjawab rumusan masalah yang pertama dan rumusan masalah yang kedua. Hasil analisis data dari tujuan penelitian yang pertama bahwa model group investigation disertai media foto kejadian nyata dalam pembelajaran fisika terintegrasi berpengaruh signifikan terhadap aktivitas belajar fisika siswa di SMA Negeri 3 Jember. Hal ini dikarenakan siswa berperan aktif dalam menyelidiki, menganalisis, dan menemukan konsep fisika selama proses pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis aktivitas siswa selama menggunakan model group investigation disertai media foto kejadian nyata dalam pembelajaran fisika terintegrasi di SMA Negeri 3 Jember menunjukkan bahwa aktivitas selama mengikuti pembelajaran dikategorikan sangat aktif. Rata-rata persentase keseluruhan aktivitas siswa kelas eksperimen sebesar 80.41% sedangkan rata-rata persentase aktivitas siswa kelas kontrol sebesar 59.52%, aktivitas tersebut termasuk pada kriteria cukup aktif. Hasil analisis data dari tujuan penelitian yang kedua bahwa model pembelajaran group investigation disertai media foto kejadian nyata dalam pembelajaran fisika terintegrasi berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa di SMA Negeri 3 Jember. Hal ini dikarenakan aktivitas siswa selama pembelajaran menunjukkan sangat aktif dalam melakukan investigasi sehingga akan berdampak positif terhadap hasil belajar fisika siswa. Berdasarkan hasil analisis Independent- Sample T-test, hasil tersebut menunjukkan Ha diterima dan H0 ditolak, sehingga hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) model pembelajaran Group Investigation disertai media foto kejadian nyata dalam pembelajran fisika terintegrasi berpengaruh signifikan terhadap aktivitas belajar fisika siswa di SMA Negeri 3 Jember; (2) model pembelajaran Group Investigation disertai media foto kejadian nyata dalam pembelajaran fisika terintegrasi berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar fisika siswa.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectMODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATIONen_US
dc.titleMODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DISERTAI MEDIA FOTO KEJADIAN NYATA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA TERINTEGRASI DI SMA Studi pada Kelas X SMA Negeri 3 Jember Tahun Ajaran 2015/2016en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record