Show simple item record

dc.contributor.advisorHendrawijaya, A.T.
dc.contributor.advisorIndrianti, Deditiani Tri
dc.contributor.authorMustika, Wahyu Mega
dc.date.accessioned2016-01-13T08:10:47Z
dc.date.available2016-01-13T08:10:47Z
dc.date.issued2016-01-13
dc.identifier.nim110210201046
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/71393
dc.description.abstractProses pembelajaran yang dilakukan di dalam RA merupakan salah satu bentuk penyelenggaraan pendidikan yang menitikberatkan kearah pertumbuhan dan perkembangan anak usia dini, baik koordinasi motorik, kecerdasan emosi, kecerdasan jamak, maupun kecerdasan spritual. Kondisi sosial emosional tersebut dapat dikembangkanmelalui pembelajaran di RA dengan metode pembelajaran kooperatif. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah adakah hubungan antara metode pembelajraan kooperatif dengan kondisi sosial emosional anak usia dini di RA Perwanida II Kecamatan Siliragung Kabupaten Banyuwangi? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara metode kooperatif dengan perkembangan sosial-emosional anak usia dini. Sehingga manfaat penelitian ini adalah dapat mengetahui tepat tidaknya penggunaan metode kooperatif untuk mengembangkan sosial-emosional peserta didik program pendidikan luar sekolah khususnya program pendidikan anak usia dini. Penelitian ini merupakan jenis penelitian korelasional yang dilakukan dengan pendekatan kuantitatif yang dilakukan di RA Perwanida II Kecamatan Siliragung Kabupaten Banyuwangi sebagai daerah penelitian yang ditentukan menggunakan teknik purposive area, serta 14 peserta didik di RA tersebut sebagai sasaran penelitian yang ditentukan melalui teknik populasi. Selanjutnya, keseluruhan peserta didik tersebut akan diteliti dengan menggunakan metode pengumpulan data berupa observasi menggunakan instrumen check list untuk menghimpun data utama, serta pedoman dokumentasi untuk menghimpun data pendukung. Data utama yang terkumpul akan dianalisis menggunakan korelasi x tata jenjang dan diintepretasikan sesuai harga r tabel dengan taraf signifikansi 95% untuk N=14 yaitu 0,544. Adapun hasil analisis data menggunakan rumus korelasi tata jenjang, diperoleh nilai r hitung sebesar 0,625. Nilai tersebut lebih besar daripada r tabel Untuk N=14 dengan taraf kepercayaan 95% yaitu 0,544. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, dalam arti yaitu ada hubungan antara metode pembelajaran kooperatif dengan perkembangan sosial emosional anak usia dini di RA Perwanida II Kecamatan Siliragung Kabupaten Banyuwangi. Hal tersebut didukung dengan hubungan pada setiap indikatornya yang menunjukkan bahwa indikator tanggung jawab perorangan sangat berpengaruh dalam mengukur hubungan antara metode pembelajaran kooperatif dengan sosial emosional anak usia dini yaitu sebesar 0,702. Jika dipresentasikan maka 49,3% indicator tersebut sangat berpengaruh dan 50,7% dipengaruhi oleh factor lainnya. Sedangkan indikator ketergantungan positif dan keterampilan sosial berpengaruh rendah terhadap dapat bermain bersama dan mempunyai teman khayalan, serta cukup berpengaruh terhadap dapat menunggu giliran tetapi dengan dibantu yaitu sebesar 0,261. Jika dipresentasikan maka sebesar 6,8% dan 93,2% dipengaruhi oleh factor lainnya. Dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara metode kooperatif dengan dengan perkembangan sosial emosional anak usia dini di RA Perwanida II Kecamatan Siliragung Kabupaten Banyuwangi yang tergolong cukup signifikan karena dipengaruhi oleh faktor pendidik yang kurang kreatif dalam memanfaatkan sarana dan prasarana yang ada dalam lembaga untuk pelaksanaan proses belajar mengajar sehingga kurang menarik. Oleh karena itu saran untuk kepada pendidik di RA Perwanida II Kecamatan Siliragung Kabupaten Banyuwangi untuk memanfaatkan sarana dan prasarana yang ada dalam tema-tema pembelajaran yang dikemas secara menarik agar peserta didik lebih bersemangat dalam belajar secara berkelompok maupun individu.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectMETODE PEMBELAJARAN KOOPERATIFen_US
dc.subjectPERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONALen_US
dc.titleHUBUNGAN ANTARA METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI DI RA PERWANIDA II KECAMATAN SILIRAGUNG KABUPATEN BANYUWANGIen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record