• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN BELAJAR TUNTAS (MASTERY LEARNING) MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO DALAM PEMBELAJARAN IPA POKOK BAHASAN PROSES DAUR AIR UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI PANCAKARYA 01 AJUNG – JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Nindita Andri TP - 090210204064_Part1.pdf (499.1Kb)
    Date
    2016-01-13
    Author
    Andri TP, Nindita
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Ilmu pengetahuan alam merupakan mata pelajaran yang materinya sangat dekat dengan lingkungan kehidupan siswa. Materi dalam mata pelajaran IPA seharusnya mudah dipahami siswa karena berhubungan dengan cara mencari tahu tentang alam secara sistematis, sehingga IPA bukan hanya penguasaan kumpulan pengetahuan yang berupa fakta-fakta, konsep-konsep, atau prinsip-prinsip saja tetapi juga merupakan suatu proses penemuan. Tetapi dalam kenyataannya pembelajaran IPA belum sesuai yang diharapkan sehingga mempengaruhi aktivitas dan hasil belajar siswa di sekolah. Berdasarkan uraian yang telah dijelaskan ada beberapa faktor yang menjadi penyebab rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa khususnya pada pelajaran IPA di Sekolah Dasar salah satunya strategi pembelajaran yang guru terapkan dalam mengajar di kelas. Berdasarkan hasil observasi di SDN Pancakarya 01 Ajung Jember, diketahui bahwa dalam kegiatan pembelajaran, guru hanya menggunakan metode ceramah, tanya jawab dan penugasan kepada siswa untuk mengerjakan LKS yang disediakan oleh sekolah tanpa menggunakan media apapun yang menunjang pembelajaran. Hal ini menyebabkan kurangnya pemahaman siswa terhadap konsep materi IPA yang diajarkan. Pembelajaran yang menerapkan strategi pembelajaran belajar tuntas (mastery learning) menggunakan media video, siswa dapat memahami materi pembelajaran secara maksimal, karena mastery learning mengajak siswa untuk memahami materi secara tuntas dan memperoleh hasil yang baik pula dengan didukung media video yang telah dipersiapkan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah adakah peningkatan aktivitas belajar siswa kelas V SD Negeri Pancakarya 01 – Ajung – Jember pada mata pelajaran IPA pokok bahasan proses daur air menggunakan strategi pembelajaran belajar tuntas (mastery learning) menggunakan media video. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam penerapan strategi pembelajaran belajar tuntas (mastery learning) menggunakan media video pokok bahasan proses daur air pada siswa kelas V SD Negeri Pancakarya 01 – Ajung – Jember. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Pancakarya 01 dengan subjek penelitian seluruh siswa kelas V yang berjumlah 38 siswa yang terdiri atas 18 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus dibagi menjadi satu pertemuan dengan menerapkan strategi pembelajaran belajar tuntas (mastery learning) menggunakan media video dalam pembelajaran IPA. Pelaksanaan penerapan strategi pembelajaran belajar tuntas (mastery learning) menggunakan media video pada siswa kelas V SDN Pancakarya 01 Ajung Jember berjalan lancar dan sesuai rencana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa selama pembelajaran IPA melalui penerapan strategi pembelajaran belajar tuntas (mastery learning) menggunakan media video mengalami peningkatan. Persentase aktivitas belajar siswa secara klasikal menunjukkan bahwa adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I, aktivitas siswa secara klasikal berada pada kategori kurang aktif dengan persentase 54,47%. Pada siklus II, aktivitas siswa meningkat menjadi 81,04% dengan kategori sangat aktif. Peningkatan aktivitas siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 26,57%. Sama halnya untuk hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dalam setiap pertemuannya. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 62,68 meningkat sebesar 3,21 menjadi 65,89 pada siklus II. Jadi peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 3,21. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan strategi pembelajaran belajar tuntas (mastery learning) menggunakan media video dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas V pokok bahasan proses daur air di SDN Pancakarya 01 Ajung Jember. Saran dari penelitian ini adalah guru selaku pendidik hendaknya bersifat inovatif artinya selalu peka terhadap pembaharuan khususnya pembaharuan dalam menggunakan strategi pembelajaran yang lebih menarik minat siswa dalam belajar.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/71376
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository