dc.description.abstract | IPS adalah mata pelajaran yang diajarkan kepada peserta didik mulai dari sekolah
dasar sampai perguruan tinggi yang menekankan pada perilaku sosial. Perilaku tersebut
dapat diamati melalui aktivitas yang dilakukan selama pembelajaran. Aktivitas peserta
didik tersebut dikelas seringkali kurang aktif. Aktivitas yang rendah selama pembelajaran
berlangsung juga menyebabkan hasil belajar menjadi rendah. Diperlukan model
pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar yang tinggi.
Berdasarkan hasil observasi awal dan wawancara yang dilakukan peneliti, guru masih
menggunakan metode ceramah seperti di SDN Tegal Gede 03 Jember. Akibatnya
aktivitas dan hasil belajar siswa masih rendah yaitu diperoleh dari data observasi aktivitas
belajar siswa pra siklus dengan persentase 32.2 dan termasuk dalam kategori kurang aktif
serta dari data skor hasil belajar pra siklus sebesar 52 dengan kriteria kurang.
Berdasarkan permasalahan tersebut, maka dilakukan penelitian dengan
menerapkan model pembelajaran problem-based learning. Permasalahan yang
dirumuskan dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah penerapan model problem-based
learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV dalam
pembelajaran IPS pokok bahasan mengenal permasalahan sosial di SDN Tegal Gede
03 Jember tahun pelajaran 2014/2015. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk
meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV dengan penerapan model
problem-based learning dalam pembelajaran IPS pokok bahasan mengenal
permasalahan sosial melalui di SDN Tegal Gede 03 Jember tahun pelajaran
2014/2015. Subjek dalam penelitian ini adalah 25 orang siswa kelas IV SDN Tegal Gede 03
Jember yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Penelitian ini
dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini dilaksanakan di
SDN Tegal Gede 03 Jember, Kecamatan Sumbersari, Kabupaten Jember.
Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui kegiatan
observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Hasil skor rata-rata aktivitas dan hasil
belajar siswa dianalisis secara deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini
menunjukkan aktivitas belajar siswa yang semula pada pra siklus skor rata-rata
sebesar 32.2 dengan kriteria kurang aktif, meningkat menjadi 62.6 pada siklus 1
dengan kriteria aktif, dan pada siklus 2 meningkat menjadi 78 dengan kriteria aktif.
Skor rata-rata hasil belajar siswa pada pra siklus sebesar 52 dengan kriteria kurang
baik, sedangkan pada siklus 1 skor hasil belajar siswa meningkat menjadi 69 dengan
kriteria cukup baik, dan pada siklus 2 skor hasil belajar siswa meningkat menjadi
80.76 dengan kriteria sangat baik.
Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penerapan model problem-based
learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar dalam pembelajaran IPS
pokok bahasan mengenal permasalahan sosial pada siswa kelas IV di SDN Tegal
Gede 03 Jember semester genap tahun pelajaran 2014-2015. Saran untuk SDN Tegal
Gede 03 Jember, agar pembelajaran lebih aktif dan menyenangkan maka guru-guru di
SDN Tegal Gede 03 Jember supaya menggunakan model-model pembelajaran yang
bervariasi. Saran untuk peneliti lain yaitu supaya menggunakan penelitian tindakan
kelas dengan model pembelajaran yang sejenis problem-based learning sebagai
bahan referensi untuk penelitian berikutnya. | en_US |