Show simple item record

dc.contributor.authorMaulida Wiliyanti
dc.date.accessioned2013-12-10T02:31:42Z
dc.date.available2013-12-10T02:31:42Z
dc.date.issued2013-12-10
dc.identifier.nimNIM070210201111
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/7136
dc.description.abstractAnak usia dini khususnya di TK At-Taqwa juga masih perlu merancang dan melaksanakan kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan anak, yang salah satunya melalui penerapan permainan edukatif untuk membentuk anak memiliki karakter yang baik. Hal ini dapat dilihat dari kegiatan anak sehari-hari dimana anak masih takut dan kurang percaya diri untuk melakukan sesuatu yang diperintah oleh guru. Permasalahan tersebut disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya media pembelajaran yang kurang menarik, pembelajaran yang hanya menitik beratkan pada membaca dan berhitung sehingga membuat anak bosan. Kegiatan yang bias dilakukan untuk menumbuhkan karakter anak melalui permainan edukatif antara lain; permainan papan luncur, permainan peran, permainan balok, bercerita dan musik. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan antara permainan edukatif dengan karakter anak usia dini di TK At- Taqwa Bondowoso. Dalam penelitian ini responden diambil dengan tekhnik populasi. Berdasarkan kriteria yang ditentukan maka yang akan dijadikan responden dalam penelitian ini yaitu seluruh guru tetap TK At Taqwa Bondowoso. Lokasi yang dijadikan tempat sebagai penelitian adalah di TK At Taqwa Bondowoso jalan Letnan Rantam nomor 01 Kabupaten Bondowoso. Sumber data dalam penelitian ini meliputi (1)Data primer merupakan data utama yang diperoleh dari hasil angket, dan (2) Data sekunder merupakan data pelengkap yang diperoleh dari observasi dan dokumentasi yang berkaitan dengan tujuan penelitian. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode angket, metode ix observasi, dan metode dokumentasi. Desain yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah penelitian korelasional yaitu untuk mengetahui hubungan suatu fenomena atau variabel, dan apabila ada hubungan tersebut, seberapa erat serta apakah hubungan tersebut berarti atau tidak. Untuk mencari signifikasi hubungan dua variabel dalam penelitian ini, TK At Taqwa diperoleh hasil rho hitung 0,678 dengan tingkat korelasi cukup. Dalam penelitian ini, nilai rho hitung berpedoman pada nilai tabel harga kritik Spearman’s Rho untuk N=43 yaitu 0,301 dengan taraf signifikan 5%. Dengan demikian dari perhitungan diatas dapat diketahui bahwa (H1) yang berbunyi “Ada Hubungan Antara Permainan Edukatif Dengan Karakter Anak Usia Dini Di TK At Taqwa Bondowoso” diterima. Sedangkan (Ho) yang berbunyi “Tidak Ada Hubungan Antara Permainan Edukatif Dengan Karakter Anak Usia Dini Di TK At Taqwa Bondowoso” ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Ada Hubungan Antara Permainan Edukatif Dengan Karakter Anak Usia Dini Di TK At Taqwa Bondowoso.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210201111;
dc.subjectPERMAINAN EDUKATIF, KARAKTERANAK USIA DINIen_US
dc.titleHUBUNGAN ANTARA PERMAINAN EDUKATIF DENGAN KARAKTERANAK USIA DINI DI TK AT TAQWA BONDOWOSOen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record