Show simple item record

dc.contributor.authorOktara, Lisa Reny
dc.date.accessioned2016-01-13T07:11:01Z
dc.date.available2016-01-13T07:11:01Z
dc.date.issued2016-01-13
dc.identifier.nim100210102097
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/71363
dc.description.abstractFisika merupakan salah satu cabang dari Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) atau sains yang mempelajari peristiwa dan gejala-gejala yang terjadi di alam. Menurut Trianto (2011 : 137) fisika merupakan salah satu cabang dari IPA dan merupakan ilmu yang lahir dan berkembang lewat langkah-langkah observasi, perumusan masalah, penyusunan hipotesis, pengujian hipotesis melalui eksperimen, penarikan kesimpulan, serta penemuan teori dan konsep. Dapat dikatakan bahwa hakikat fisika adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari gejala-gejala melalui serangkaian proses yang dikenal dengan proses ilmiah yang dibangun atas dasar sikap ilmiah dan hasilnya terwujud sebagai produk ilmiah yang tersusun atas tiga komponen terpenting berupa konsep, prinsip dan teori yang berlaku secara universal. Menurut Brockhaus (dalam Arkundato, 2007:7.3), fisika adalah pelajaran tentang kejadian di alam yang memungkinkan dilakukan penelitian dengan percobaan, pengukuran dan penyajian matematis. Dengan demikian, dalam mempelajari fisika diperlukan penekanan pada pemahaman, yaitu pemahaman konsep yang lebih dititikberatkan pada proses terbentuknya pengetahuan melalui percobaan, pengukuran dan penyajian matematis. Pembelajaran fisika merupakan suatu proses kegiatan belajar mengajar tentang kejadian alam. Menurut Bektiarso (2000:11), hakikat mempelajari fisika adalah membahas, mengkaji dan membuktikan adanya fakta dan asumsi tentang gejala-gejala fisika. Sehingga dalam pembelajaran fisika siswa dituntut untuk memahami dan mampu mengaplikasikan materi fisika dalam kehidupan sehari-hari. Artinya dalam pembelajaran fisika, siswa tidak hanya mendengarkan ceramah, mengerjakan soal atau membaca buku teks saja, tetapi siswa dituntut dapat membangun pengetahuan dalam benak mereka sendiri dengan peran aktifnya dalam proses belajar mengajar.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectMODEL DISCOVERYen_US
dc.titlePENGGUNAAN MODEL DISCOVERY DISERTAI TEKNIK PETA KONSEP DALAM PEMBELAJARAN FISIKA SMAen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record