Show simple item record

dc.contributor.authorLilis Sri Wahyuningsih
dc.date.accessioned2013-12-10T02:26:52Z
dc.date.available2013-12-10T02:26:52Z
dc.date.issued2013-12-10
dc.identifier.nimNIM070210201100
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/7121
dc.description.abstractKualitas sumber daya manusia suatu bangsa akan menentukan masa depan kemajuan bangsa tersebut dimasa yang akan dating karena itu pendidikan dan pelatihan sangat penting untuk meningkatkan kualitas sumberdaya manusia dalam perbaikan kehidupan yang lebih baik. Pendidikan dan pelatihan haruslah lebih diprioritaskan sebagai upaya pengembangan pembangunan sumber daya manusia untuk meningkatkan perekonomian suatu bangsa. Selain mendapatkan pendidikan di sekolah manusia juga perlu mendapatkan pelatihan di luar sekolah, karena pelatihan merupakan salah satu upaya dalam proses pengembangan sumber daya manusia. Dalam pelatihan diperlukan adanya perencanaan pelatihan yang tepat untuk menghasilkan hasil pelatihan yang memenuhi target pada perencanaan pelatihan. Hasil pelatihan yang didapatkan meliputi tiga aspek yaitu aspek kognitif, psikomotorik dan afektif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Hubungan Antara Perencanaan Pelatihan dengan Hasil Belajar Menjahit di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pelatihan Kerja Jember 2011. Daerah penelitian yang digunakan adalah di UPT Pelatihan Kerja Jl. Basuki Rahmat No.203 Jember Propinsi Jawa Timur berdasarkan metode purposive. Responden adalah 10 penyelenggara pelatihan dan 10 Pesrta Pelatihan menjahit di UPT Pelatihan Kerja Jember yang telah memenuhi kriteria dengan menggunakan metode purposive sampling berdasarakan kriteria, sedangkan informan pendukungnya adalah karyawan dan kepala UPT Pelatihan Kerja Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitiannya ix adalah penelitian korelasional. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh adalah tidak adanya hubungan antara perencanaan pelatihan dengan hasil belajar menjahit. Perencanaan pelatihan terdiri dari análisis kebutuhan , program pelatihan, bahan ajar pelatihan, pelaksanaan pelatihan dan evaluasi sasaran pelatihan. Hasil belajar meliputi kognitif, psikomotorik, dan efektif. Yaitu kognitif meliputi pengetahuan, pemahaman, penerapan, analisis, sintesis, evaluasi, afektif meliputi perubahan menerima/memperhatikan sesuatu, cara menanggapi, cara menilai/menghargai, perubahan Organisasi, serta perubahan pada karakterisasi dengan suatu komplek nilai dan psikomotorik yaitu perubahan yang terjadi pada keterampilan setelah mengikuti pelatihan.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210201100;
dc.subjectPERENCANAAN PELATIHAN, HASIL BELAJAR MENJAHITen_US
dc.titleHUBUNGAN ANTARA PERENCANAAN PELATIHAN DENGAN HASIL BELAJAR MENJAHIT DI UNIT PELAKSANA TEKNIS PELATIHAN KERJA KABUPATEN JEMBER 2011en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record