dc.description.abstract | Kompetensi Dasar yang ingin dicapai dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (Sains) termasuk Biologi di Sekolah Menengah Pertama adalah menekankan pada penguasaan konsep dan saling keterkaitanya untuk diterapkan pada pemecahan masalah. Pembelajaran Biologi konsep lingkungan merupakan pokok bahasan yang luas dan sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Diperlukan Model Pembelajaran yang dapat mempermudah siswa berperan aktif dan merasa senang bekerja dalam kelompoknya untuk menyelesaikan masalah-masalah yang timbul di sekitarnya, Penelitian terdahulu menyatakan bahwa efektivitas hasil belajar siswa pembelajaran Round Table disertai Problem Posing terhadap pembelajaran Advance Organizer pada ranah kognitif meningkat sebesar 16,42 %, ranah afektif 63,47 % dan ranah psikomotorik sebesar 53,11 % (Rahayu: 2004). Hasil tersebut perlu dikembangkan dengan melakukan penambahan media pembelajaran yang menarik untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Salah satu media yang menarik tersebut adalah VCD. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh pembelajaran Round Table disertai Problem Posing dengan media VCD dan untuk mengukur tingkat ketuntasan basil belajar siswa setelah diajar dengan model Round Table disertai Problem Posing dengan media VCD.
Penelitian ini pada bulan April sampai dengan Mei 2006 di SMP negeri 3 Jember. Rancangan penelitian menggunakan True Design Eksperimental dengan random terhadap obyek. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik random sampling yang terlebih dahulu dilakukan uji homogenitas terhadap populasi. Populasi dalam hal ini adalah siswa kelas VII semester genap tahun pelajaran 2005 / 2006. | en_US |