dc.description.abstract | Kemampuan pegawai merupakan salah satu unsur penting yang harus dimiliki
oleh setiap individu dalam organisasi, karena kemampuan itu akan mempengaruhi
tingkat efektifitas pegawai dalam melaksanakan berbagai pekerjaan, sedangkan
efektifitas sendiri dapat dipandang sebagai batas kemampuan organisasi mendapatkan
dan memanfaatkan sumber daya yang tersedia untuk mencapai tujuan operatif dan
operasionalnya. Hal ini dapat dikatakan bahwa, kemampuan merupakan faktor
pendukung efektifitas pegawai dalam menjalankan roda organisasi, sehingga jika
terjadi suatu masalah yang ada pada kinerja pegawainya maka, akan berdampak besar
terhadap pelayanan yang akan diberikan oleh organisasi tersebut.
Dalam sebuah penelitian kuantitatif hampir semuanya berawal dari suatu
permasalahan dan biasanya berlandaskan dua alasan, yaitu teoristis dan empiris yang
selanjutnya akan diturunkan menjadi suatu rumusan masalah. Rumusan masalah
dalam penelitian ini adalah adakah hubungan antara kemampuan pegawai dengan
efektifitas kerja pegawai di Kantor Perpustakaan, Arsip, dan Dokumentasi Kabupaten
Jember, sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya
hubungan antara kemampuan pegawai dengan efektifitas kerja pegawai di Kantor
Perpustakaan, Arsip, dan Dokumentasi Kabupaten Jember.
Untuk mengumpulkan dan mengolah data, peneliti menggunakan metode
penelitian kuantitatif dengan teknik kuesioner yaitu dengan menyebarkan angket atau
daftar pertanyaan kepada 35 orang responden. Dari hasil jawaban para responden,
tahap selanjutnya adalah proses tabulasi data, penghitungan nilai Rank, dan
penghitungan nilai korelasi yang di dalamnya meliputi pembuatan tabel kerja untuk
menghitung di dan di2, mencari nilai Tx, Ty, X2, dan Y2, dan yang terakhir adalah
mencari nilai korelasi antara variabel x dan variabel y dengan rumus Rank Spearman
yang telah ditentukan sebelumnya. Dari proses pengolahan data yang dilakukan
menghasilkan nilai korelasi 0,632 lebih besar daripada nilai pada tabel yaitu 0,335,
yang berarti bahwa, penelitian ini menolak hipotesis nol (Ho) dan menerima hipotesis
kerja (Ha) atau ada hubungan antara kemampuan pegawai dengan efektifitas kerja
pegawai di Kantor Perpustakaan, Arsip, dan Dokumentasi Kabupaten Jember.
Sehingga, dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Kantor Perpustakaan,
Arsip, dan Dokumentasi Kabupaten Jember masih membutuhkan adanya peningkatan
kualitas kemampuan pegawai, hal ini dilakukan demi tercapainya tingkat kinerja
pegawai yang maksimal. Peningkatan tersebut bisa dilakukan dengan banyak cara
misalnya mewajibkan para pegawai untuk mengikuti pelatihan komputer, mengikuti
pelatihan kedisiplinan pegawai, memberikan pemahaman dan penjelasan tentang tugas-tugas
pokok dan fungsi masing-masing pegawai secara rutin, dll. Dengan beberapa cara tersebut
diharapkan para pegawai dapat meningkatkan kemampuan kerjanya demi
terwujudnya dan tercapainya sasaran, tujuan, serta target organisasi dengan baik dan
semaksimal mungkin | en_US |