Show simple item record

dc.contributor.advisorRahayu
dc.contributor.advisorFitriyah, Chumi Zahroul
dc.contributor.authorAliyah, Siti Himmatul
dc.date.accessioned2016-01-08T05:31:19Z
dc.date.available2016-01-08T05:31:19Z
dc.date.issued2016-01-08
dc.identifier.nim110210204053
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/70782
dc.description.abstractKurikulum 2013 pada Sekolah Dasar dilakukan melalui pembelajaran dengan pendekatan tematik-terpadu dari Kelas I sampai Kelas VI. Pembelajaran tematik lebih menekankan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Penggunaan model pembelajaran yang beraneka ragam dapat menarik perhatian siswa dan membuat siswa tidak merasa cepat bosan dalam mengikuti pembelajaran sehari-hari, sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik. Model pembelajaran yang digunakan yaitu model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT), dikarenakan model pembelajaran tersebut dapat menciptakan situasi pembelajaran yang menyenangkan karena mengemas materi yang disajikan dalam bentuk permainan, yang menjadikan siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran berlangsung dan dapat mempengaruhi hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji ada tidaknya pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar siswa kelas V Tema Lingkungan Sahabat Kita di SD Negeri Kebonsari 01 Jember Semester Genap Tahun Ajaran 2014/2015. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Kebonsari 01 Jember. Subyek penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V SDN Kebonsari 01 Jember yang terdiri dari kelas VA dan VB yang berjumlah 89 siswa. Jenis penelitian yang digunakan yaitu eksperimental dengan desain penelitian ini adalah pre-test post-test control group design. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes, dan dokumen, namun metode observasi tidak digunakan untuk menganalisis hasil belajar. Analisis data yang digunakan berupa beda pre-test dan post-test pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Menentukan kelas eksperimen dan kontrol dilakukan secara random, sebelum melakukan pengacakan dilakukan uji homogenitas terlebih dahulu untuk mengetahui homogen tidaknya kemampuan awal kedua kelas tersebut dengan menggunakan nilai UTS semester genap. Hasil perhitungan uji homogenitas dengan menggunakan SPSS 16.00 mendapatkan harga to = 0,568, selanjutnya harga to dikonsultasikan dengan harga ttabel, diketahui dbd = 89 – 2 = 87 pada taraf signifikansi 5% sehingga nilai ttabel = 1,991. Berdasarkan nilai ttabel = 1,991 dan nilai to = 0,568, maka to < ttabel yaitu 0,568 < 1,991. Diperoleh hasil bahwa tidak ada perbedaan mean yang signifikan antara kelas VA dan VB, hal ini menunjukkan tingkat kemampuan awal siswa sebelum diberi perlakuan adalah homogen. Berdasarkan hasil pengacakan tersebut, kelas VA menjadi kelas eksperimen dan kelas VB menjadi kelas kontrol. Data yang dianalisis berupa nilai selisih post-test dan pre-test pada kelas eksperimen (VA) dan kelas kontrol (VB). Beda nilai pre-test dan post-test siswa dianalisis dengan menggunakan rumus uji-t. hasil perhitungan menggunakan rumus uji-t dengan menggunakan SPSS 16.00 diperoleh hasil yaitu thitung = 7,953, harga ini kemudian dikonsultasikan dengan ttabel dengan db = 87 pada taraf signifikansi 5% sehingga diperoleh harga ttabel = 1,991. Berdasarkan analisis tersebut diperoleh thitung > ttabel yaitu 7,953 > 1,991, dengan demikian hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternative (Ha) diterima. Berdasarkan hasil analisis tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar siswa kelas V tema Lingkungan Sahabat Kitadi SDN Kebonsari 01 Jember. Model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) ini diharapkan menjadi alternative pembelajaran inovatif bagi guru, bagi peneliti lain dapat dijadikan sebagai bahan rujukan untuk penelitian selanjutnya.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectPenerapan Model Pembelajaran Kooperatifen_US
dc.subjectTeam Games Tournament (TGT)en_US
dc.subjectHasil Belajar Siswaen_US
dc.titlePENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V TEMA LINGKUNGAN SAHABAT KITA DI SDN KEBONSARI 01 JEMBERen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record