Show simple item record

dc.contributor.authorWA ODE SRI NUNUNG
dc.date.accessioned2013-12-10T02:03:20Z
dc.date.available2013-12-10T02:03:20Z
dc.date.issued2013-12-10
dc.identifier.nimNIM070210204006
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/7060
dc.description.abstractPenelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan di SDN Baratan 01 Jember pada 27 April 2011 sampai dengan 6 Mei 2011. Subjek penelitian adalah siswa kelas IB SDN Baratan 01 Jember, yang berjumlah 31 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, di mana setiap siklus terdiri dari tahapan: (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, observasi, wawancara, dan tes. Analisis data yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Analisis data penelitian menunjukkan sebelum dilakukannya tindakan, hasil belajar siswa pada materi tersebut hanya mencapai 32% atau belum mencapai ketuntasan klasikal. Pada siklus I hasil belajar siswa mengalami peningkatan walaupun belum mencapai ketuntasan klasikal yang diharapkan >65%, dengan ketuntasan klasikal sebesar 55%. Pembelajaran pada siklus II dilaksanakan dengan memperhatikan hasil refleksi pada siklus I, agar tujuan pembelajaran tercapai. Pada siklus II, hasil belajar siswa mencapai 89%. Berdasarkan hasil tersebut, melalui kegiatan melengkapi kalimat berdasarkan gambar keterampilan menulis kalimat sederhana pada siswa kelas 1B SDN Baratan 01 Jember mengalami peningkatan. Berdasarkan hasil penelitian tentang peningkatan keterampilan menulis kalimat sederhana melalui kegiatan melengkapi kalimat berdasarkan gambar, maka saran yang diberikan yaitu (a) bagi guru, seorang guru dituntut untuk kreatif dan mencari alternatif terbaik dalam membelajarkan siswanya, (c) sekolah seharusnya menyediakan media pembelajaran untuk membantu tercapainya tujuan pembelajaran yang diharapkan (c) bagi siswa, siswa hendaknya lebih meningkatkan minatnya terhadap menulis dan lebih aktif dalam pembelajaran agar lebih memahami pelajaran yang disampaikan oleh guru, dan (d) bagi peneliti lain, penelitian ini dapat menjadi masukan untuk penelitian sejenis dalam bahasan yang berbeda.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210204006;
dc.subjectMenulis Kalimat Sederhana, Melengkapi Kalimat, Gambaren_US
dc.titlePENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KALIMAT SEDERHANA MELALUI KEGIATAN MELENGKAPI KALIMAT BERDASARKAN GAMBAR PADA SISWA KELAS IB SDN BARATAN 01 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2010/2011en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record