dc.description.abstract | Memasuki era baru dimana lingkungan pemasaran menjadi kompleks dan
ajang kompetisi dimulai, teknik pemasaran massal mendapatkan banyak tantangan
yang disebabkan perubahan pada setiap aspek kehidupan. Perhatian yang semakin
besar terhadap aspek pemasaran sudah seharusnya pada era kompetisi saat ini, dan
dinilai penting sebab adanya kepercayaan bahwa perusahaan dengan keahlian
pemasaran yang kuat memiliki potensi untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi
dan standar hidup masyarakat. Setiap perusahaan berusaha untuk menggunakan alat
pemasaran yang lebih efektif dan efisien agar produk yang ditawarkan dapat langsung
dinikmati oleh konsumennya, hal yang sama juga dilakukan oleh PT. Gawih Jaya
Cabang Jember dalam memasarkan rokok wismilak. Penelitian ini meneliti mengenai
implementasi personal selling rokok wismilak pada PT. Gawih Jaya Cabang Jember.
PT. Gawih Jaya Cabang Jember merupakan perusahaan yang menangani
pemasaran rokok wismilak. Berkaitan dengan fungsinya sebagai pemasar PT. Gawih
Jaya Cabang Jember menggunakan tehnik personal selling guna menawarkan produk
pada konsumennya. Adapun konsumen tersebut dibagi menjadi calon konsumen baru,
pelanggan atau toko mitra, dan konsumen tingkat akhir. Pelaku personal selling Pada
PT. Gawih Jaya Cabang Jember yang dimaksud adalah tenaga penjual, tenaga penjual
dibagi menjadi tenaga penjual tim reguler dan tenaga penjual tim even.
Penelitian ini menggunakan tipe penelitian diskriptif dengan paradigma
kualitatif. Peneliti menggunakan teknik purposive dan dilakukan dengan mengambil
informan-informan yang dipilih oleh peneliti secara sengaja menurut ciri-ciri khusus
yang dimiliki sesuai dengan permasalahan yang digali. Informan dalam penelitian ini
tidak dibatasi terlebih dahulu, tetapi dapat berkembang sesuai dengan kebutuhan
informasi yang diperlukan. Penelitian ini melibatkan beberapa informan diantaranya
1 informan kunci yaitu area sales manager dan 5 informan dari tenaga penjual pada
masing-masing jabatan.
Sebagai tenaga penjual, tim reguler merupakan ujung tombak dari perusahaan.
Kegiatan pemasaran yang dilakukan oleh tenaga penjual tim reguler dipantau
langsung oleh area sales manager, segala bentuk kegiatan implementasi personal
selling disesuaikan dengan proses dan prosedur yang diterapkan oleh PT. Gawih Jaya
Cabang Jember. Namun untuk kegiatan yang dilakukan oleh tenaga penjual tim even,
program acara tidak diagendakan per tahunnya secara baku, meskipun demikian
terdapat prosedur yang harus dipenuhi apabila akan mengadakan even atau acara
khusus.
Implementasi personal selling terhadap calon pelanggan baru dilakukan
tenaga penjual melalui kunjungan rutin. Tujuan dilakukannya personal selling
terhadap calon pelanggan baru yaitu untuk memperluas pasar, membangun
kepercayaan serta tujuan utamanya yakni menciptakan dan meningkatkan penjualan.
Implementasi personal selling terhadap toko mitra atau pelangan diwujudkan guna
menjaga kerjasama yang telah terjalin, memberikan pelayanan serta meningkatkan
penjualan. Implementasi personal selling terhadap konsumen tingkat akhir dilakukan
oleh sales promotion girl dengan tujuan menjalin komunikasi guna memberikan
pengetahuan tentang produk, serta yang terpenting adalah membentuk citra
perusahaan. | en_US |