Show simple item record

dc.contributor.authorTANTI AGUS TRIANA
dc.date.accessioned2013-12-10T01:30:12Z
dc.date.available2013-12-10T01:30:12Z
dc.date.issued2013-12-10
dc.identifier.nimNIM080210204258
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/7001
dc.description.abstractPenelitian ini menggunakan model skema spiral penelitian tindakan kelas Hopskins yang terdiri dari empat fase yaitu planning, ection, observation dan reflection. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Kemuningsari Kidul 02 Kecamatan Jenggawah Jember tahun pelajaran 2010/2011. Jumlah siswa 29 orang, terdiri dari 16 laki-laki dan 13 perempuan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan berupa analisis jawaban siswa terhadap tes akhir siklus I, dan tes akhir sklus II, analisis aktivitas siswa dan guru selama proses pembelajaran dengan menerapkan teknik Pick Up Cards Game serta jawaban guru dan siswa terhadap wawancara yang dilakukan peneliti. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 23 November 2010 sampai dengan 03 Desember 2010 dalam dua siklus, meliputi: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I persentase aktivitas siswa ( a p ) = 72,18% persentase terebut termasuk dalam kriteria aktif, nilai rata-rata hasil belajarnya sebesar 64,82% dan ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I termasuk dalam kriteria cukup baik dengan persentase 65,56%, namun persentase tersebut belum bisa dikatakan tuntas secara klasikal sesuai dengan SKM di SD Negeri Kemuningsari Kidul 02 yaitu 75% sehingga perlu dilakukan perbaikan langkahlangkah pembelajaran pada siklus II. Pada siklus II, persentase aktivitas siswa sebesar ( a p ) = 80,23%, dengan kriteria sangat aktif, nilai rata-rata hasil belajarnya sebesar 72,07 dan ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus II termasuk dalam kriteria baik dengan persentase sebesar 82,76 %, yang mengalami peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II sebesar 17%. Berdasarkan data dari siklus I dan siklus II tersebut maka siswa telah mencapai ketuntasan hasil belajar secara klasikal, karena kelas dikatakan tuntas dalam belajar apabila di kelas terdapat minimal 75% dari jumlah siswa yang telah mencapai nilai ≥65. Kesimpulan penelitian ini adalah pembelajaran IPS pada pokok bahasan kegiatan ekonomi dengan menggunakan teknik Pick Up Cards Game dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN Kemuningsari Kidul 02 Jember.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210204258;
dc.subjectAktivitas dan Hasil Belajar, Pick Up Cards Game, IPSen_US
dc.titlePENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MELALUI TEKNIK PICK UP CARDS GAME MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN KEGIATAN EKONOMI SISWA KELAS V SDN KEMUNINGSARI KIDUL O2 KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2010-2011en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record