dc.description.abstract | Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil
belajar siswa pada mata pelajaran PKn pokok bahasan kejadian sehari-hari melalui
metode bermain peran di kelas III SDN Kebonsari 04 Jember semester II tahun
pelajaran 2010/2011.
Jenis penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif dengan
Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah
model skema spiral dari Hopkins dengan tahap penelitian tindakan yang meliputi
perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi melalui tahapan dua siklus..
Pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes, wawancara dan
Dokumentasi. penelitian ini, dilaksanakan di SDN Kebonsari 04 Jember yang dimulai
dimulai pada tanggal 19 April 2011 sampai dengan tanggal 17 Mei 2011 subyek
penelitian adalah siswa kelas III dengan jumlah 38 siswa. Untuk memperoleh data
dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, tes
dan dokumentasi.
Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini dapat dilihat dari persentase
aktivitas belajar siklus I sebesar 46,71% dan pada siklus II 69,97%. Sedangkan
ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 55,27% atau 21 siswa yang
mengalami ketuntasan hasil belajar dan pada siklus II sebesar 81,58% atau sebanyak
31 siswa yang mengalami ketuntasan hasil belajar, Selain itu dilihat dari nilai rataratanya
pada siklus 1 mencapai 64,47, sedangkan pada siklus II mencapai 78,15.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan metode bermain peran pada
mata pelajaran PKn pokok bahasan kejadian sehari-hari dapat meningkatkan aktivitas
dan hasil belajar siswa di kelas III SDN Kebonsari 04 Jember. Saran dari hasil
penelitian ini adalah : (1) Bagi Sekolah, (2) Bagi peneliti dan (3) bagi guru. | en_US |