Show simple item record

dc.contributor.advisorSOETJIPTO, POERNOMO
dc.contributor.advisorYASA, I WAYAN
dc.contributor.authorHASTUTI, CATUR BUDI FITRI
dc.date.accessioned2016-01-05T00:50:37Z
dc.date.available2016-01-05T00:50:37Z
dc.date.issued2016-01-05
dc.identifier.nim9407100148
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/69890
dc.description.abstractSalah satu kebutuhan jasa yang harus dilayani dalam kehidupan berbangsa dan bernegara adalah jasa pengiriman barang dari tempat yang satu ke tempat yang lain. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut diperlukan adanya suatu lembaga yang melayaninya, salah satunya adalah PT. Pos Indonesia (Persero). Pelaksanaan pengiriman barang terdapat 2 pihak yang terkait, yaitu pihak pengiriman sebagai pemakai jasa pos dan pihak pengangkut atau penyelenggara pengiriman barang yang dilakukan oleh pihak pos tidak selamanya berjalan dengan lancar, adakalanya terjadi keterlambatan, kerusakan atau bahkan kehilangan terhadap barang kiriman tersebut. Selama ini pihak pengirim belum semua mengetahui hak dan kewajibannya apabila kejadian tersebut menimpa barang kirimannya. Tujuan dari penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui proses pengiriman barang melalui PT pos Indonesia (Persero) cabang Jember, untuk mengetahui faktor penyebab keterlambatan pengiriman barang di PT. Pos Indonesia (Persero) Cabang Jember dan untuk mengetahui cara penyelesaian tuntutan ganti rugi yang dilakukan oleh PT. Pos Indonesia (Persero) Cabang Jember terhadap keterlambatan pengiriman barang. Metode pendekatan masalah yang digunakan dalam penulisan skripsi ini adalah yuridif normatif dan sumber data diperoleh dari sumber data sekunder yaitu diambil dari peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan permasalahan dalam penyusunan skripsi ini dan sumber data primer diperoleh dari hasil wawancara dengan pihak PT Pos Indonesia (Persero) Cabang Jember. Setelah semua data yang terkumpul maka dapat dianalisis dengan menggunakan metode analisis deskriptif. Metode analisis data ini menggunakan metode kesimpulan deduktif yaitu mengkaji norma hukum sebagai premis mayor dan putusan masalh sebagai premis minor. Hasil pembahasan dalam penulisan skripsi ini adalah proses pengiriman barang khususnya untuk surat pos kilat khusus melalui PT Pos Indonesia (Persero) Cabang Jember, faktor-faktor penyebab keterlambatan pengiriman barang di PT Pos Indonesia (Persero) Cabang Jember, tentang proses tuntutan ganti rugi di PT. Pos Indonesia (Persero) Cabang Jember yang dilakukan oleh pengirim apabila terjadi keterlambatan pengiriman barang dan tentang cara penyelesaian PT. Pos Indonesia (Persero) Cabang Jember apabila terjadi keterlambatan pengiriman barang yang dilakukannya. Saran yang dapat diberikan dalam penulisan skripsi ini adalah hendaknya PT Pos Indonesia (Persero) Cabang Jember menjelaskan tentang hak dan kewajiban pengirim pada saat pengirim mengirimkan barangnya, kedua hendaknya pihak PT Pos Indonesia (Persero) Cabang Jember memberitahukan kepada pengirim bahwa barang kiriman mereka dijamin dengan adanya ganti-rugi apabila terjadi kerusakan, kehilangan dan keterlambatan dan hendaknya pihak pos juga menjelaskan tentang prosedur dan persyaratan tuntutan ganti-ruginya kepada pengirim.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectTANGGUNG GUGAT PT. POS INDONESIA (PERSERO) CABANG JEMBERen_US
dc.subjectKETERLAMBATAN PENGIRIMAN BARANGen_US
dc.titleTANGGUNG GUGAT PT. POS INDONESIA (PERSERO) CABANG JEMBER TERHADAP KETERLAMBATAN PENGIRIMAN BARANGen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record