Show simple item record

dc.contributor.authorSUNARTI
dc.date.accessioned2013-12-10T01:11:06Z
dc.date.available2013-12-10T01:11:06Z
dc.date.issued2013-12-10
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/6987
dc.description.abstractPermasalahan dalam penelitian ini yaitu (1) bagaimanakah proses penggunaan kartu kata yang dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan dengan menggunakan kartu kata Siswa Kelas II SDN Kebonsari 01 Tahun Pelajaran 2010/2011?; (2) bagaimanakh peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan kartu kata dalam meningkatkan kemampuan memabca permulaan siswa kelas II SDN Kebonsari 01?. Sedangkan tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan proses penggunaan kartu akta yang dapat meningkatkan kekamampuan membaca permulaan siswa kellas Ii SDN Kebonsari 01, dan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan kartu kata dalam mengikatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas II SDN Kebonsari 01. Penelitian ini dilakukan di SDN Kebonsari 01 pada semester genap. Subjek penelitian yang dipilih yaitu siswa kelas II SDN Kebonsari 01 tahun pelajaran 2010/2011, yang berjumlah 35 orang yang teridirii dari 20 orang perempuan dan 15 orang alki-laki. Penelitian ini merupaka penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 sikllus. Teknik pengumpulan data yang digunaka adalah teknik observasi, teknik wawancaara, teknik tes. Dalam pembelajaran bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan dengan menggunakan kartu kata terlihat adanya suatu peningkatan hasil belaja siswa yang ditunjukkan dengan peningkatan pada siklus I dan siklus II. Pada siklus I nilai rata-rata kemampuan memabca siswa 71,71 dan pada siklus II yaitu 83,42. Meningktanya nilai ini disebabkan oleh perlakuan/tindakan siklus II. Dari nilai-nilai pada siklus II ini, dapat diketahui bahwa 31 siswa (88,57%) telah mencapi indicator kinerja atau mencapai nilai 65 ke atas. Hal ini menunjukkan bahwa, kemampuan memabca permulaan siswa kelas II telah menacapai apa yang diharapkan atau talah menunjukkan hasil yang memuaskan. Oleh karena itu, penelitian tindakan dihentikan pada siklus II. Kesimpulan dari penelitian ini adalah meningkatnya kemampuan membaca permulaan dengan menggunakan kartu kata dapat berjalan dengan baik dan mendapat respon positif dari kelas II SDN Kebonsari 01. Peningkatan hasilbelajar siswa dengan menggunakan kartu kata ini adalah megalami pengingkatan. Hal ini dapat dilihat dari hasil peningkatan nilai rerata pada pra siklus 61,71, menjadi 71,71 pada silus I. kemudian, nilai rerata pada siklus I, yakni menjadi 71,71 menjadi 83,42 pada siklus II. Meningkatnya nilai ini disebabkan oleh perlakuan/tindakan pada setiap siklus.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries07021070204028;
dc.subjectKemampuan Memabca Permulaan, Kartu Kataen_US
dc.titleMENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN DENGAN MENGGUNAKAN KARTU KATA SISWA KELAS II SDN KEBONSARI 01 TAHUN PELAJARAN 2010/2011en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record