Show simple item record

dc.contributor.authorSUKMA MEGA WIJAYANTI
dc.date.accessioned2013-12-10T01:05:34Z
dc.date.available2013-12-10T01:05:34Z
dc.date.issued2013-12-10
dc.identifier.nimNIM070210204296
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/6983
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan dan pelafalan permainan mencari huruf menggunakan kartu-kartu huruf dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas 1 SDN 2 Wonokoyo Situbondo melalui permainan mencari huruf pada pelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dalam penelitian ini dilakukan dua siklus. Pengambilan data penelitian dilaksanakan pada bulan Juli sampai Agustus 2010. Instrumen penelitian ini antara lain lembar wawancara, lembar observasi, tes, dokumentasi, dan catatan lapangan yang ditujukan kepada guru (peneliti) dan siswa. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis. Pembelajaran yang efektif dan efisien sangat diperlukan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Salah satu cara untuk menciptakan pembelajaran yang efektif dan efisien ialah dengan memilih model pembelajaran yang sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan siswa serta dapat menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan. Berasarkan pengamatan dan wawancara yang telah dilakukan di SDN 2 Wonokoyo Situbondo, diperoleh informasi bahwa motivasi dan hasil belajar sebagaian besar siswa dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia masih tergolong rendah. Sebagian besar siswa kelas I masih mengalami kesulitan dalam membaca. Hasil pretest menunjukkan bahwa masih 57,14% siswa yang tidak tuntas dengan nilai rata – rata 57,85%. Nilai 57,85% jauh dari standar nilai ketuntasan minimal belajar SDN 2 Wonokoyo sebesar 70. Pembelajaran seharí – hari yang dilakukan dengan menjelaskan secara lisan, tertulis di papan tulis, dan pemberian kesempatan bertanya ketika guru mengajar, hanya direspon oleh sebagian kecil siswa. Dan siswa yang lain hanya diam dan malah ada yang bergurau. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran menggunakan permainan mencari huruf dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan, motivasi belajar siswa pada siklus I mencapai nilai 58,57% dengan hasil ketuntasan belajar 43%, dan hasil belajar membaca siswa pada siklus II mencapai nilai 81,14% dengan hasil ketuntasan belajar 85,71%. Maka dapat disimpulkan bahwa kenaikan hasil belajar membaca siswa mencapai 22,57% dan kenaikan ketuntasan belajar mencapai 42,71%. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran melalui simulasi mencari huruf dapat meningkatkn motivasi dan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas I SDN 2 Wonokoyo Situbondo.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210204296;
dc.subjectKemampuan Membaca, Permainan Mencari Hurufen_US
dc.titleMENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI PERMAINAN MENCARI HURUF PADA SISWA KELAS 1 SDN 2 WONOKOYO SITUBONDOen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record