Show simple item record

dc.contributor.authorAndri Dwi Setya
dc.date.accessioned2013-12-10T00:56:54Z
dc.date.available2013-12-10T00:56:54Z
dc.date.issued2013-12-10
dc.identifier.nimNIM090210204151
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/6980
dc.description.abstractRendahnya nilai hasil belajar IPS di SD disebabkan oleh beberapa faktor salah satunya adalah model pembelajaran yang diterapkan di sekolah masih terlalu berpusat pada guru. Cara untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah guru harus berperan aktif untuk menciptakan model pembelajaran. Model pembelajaran tersebut diharapkan dapat memberikan kesempatan lebih kepada siswa untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran. Permasalahan yang akan dikaji pada penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN Jember Kidul 03 pada mata pelajaran IPS pokok bahasan Keragaman Kenampakan Alam dan Buatan di Indonesia menggunakan model kooperatif tipe Think – Pair – Share ( TPS ) Tahun Pelajaran 2011 – 2012 ? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar melalui pembelajaran kooperatif tipe Think – Pair – Share ( TPS ) pada mata pelajaran IPS siswa kelas V SDN Jember Kidul 03 Tahun Pelajaran 2011 - 2012. Pengambilan data dalam penelitian ini, dilaksanakan di SDN Jember Kidul 03. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil analisis aktivitas siswa selama pembelajaran IPS aktivitas belajar siswa pada pra siklus siswa kurang aktif yaitu 25, 66 %, kemudian pada siklus I meningkat menjadi 59,21 % (kriteria aktif), sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 82,88 % (kriteria aktif). Kemudian hasil analisis ketuntasan hasil belajar siswa yang diperoleh dari persentase hasil belajar siklus I secara klasikal sebesar 73,68 % dan siklus II mengalami peningkatan secara klasikal sebesar 89,47 %. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think – Pair – Share ( TPS ) untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa berjalan dengan baik dengan aktivitas belajar siswa pada siklus I 59,21 %, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 79,61 %, dari hasil di atas terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 20,40 % (2) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think – Pair – Share ( TPS ) dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang diperoleh dari rata-rata hasil belajar siswa secara klasikal sebelum menggunakan model pembelajaran tipe Think – Pair – Share ( TPS ) adalah 59 dengan presentase ketuntasan secara klasikal 47,38 %. Pada siklus I rata-rata hasil belajar siswa adalah 71,82 dengan presentase ketuntasan secara klasikal 73,63 %, sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan rata-rata hasil belajar yaitu 86,18 dengan presentase ketuntasan secara klasikal 89,47 %, dari hasil diatas dapat diketahui bahwa terjadi peningkatan rata-rata hasil belajar siswa dari pra siklus ke siklus I sebesar 12,82 kemudian pada siklus I ke siklus II dengan selisih 14,36. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka saran yang diberikan adalah (1) Bagi guru, diharapkan mampu menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think – Pair – Share ( TPS ) sebagai alternatif dalam proses pembelajaran IPS di Sekolah Dasar (2) Penelitian ini dapat menjadi masukan bagi sekolah sebagai pertimbangan untuk meningkatkan pembelajaran dimasa yang akan datang (3) Bagi siswa yang mengalami kesulitan hendaknya diberikan suatu bimbingan secara individu agar siswa memahami tata cara diskusi, mempresentasikan hasil diskusi dan siap dalam menerima materi pembelajaran (4) Penelitian ini juga dapat menjadi masukan bagi peneliti lain untuk penelitian lebih lanjut dengan pokok bahasan yang tentunya berbeda.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090 210 204 151;
dc.subjectKERAGAMAN KENAMPAKAN ALAM, PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIRSHAREen_US
dc.titlePENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN KERAGAMAN KENAMPAKAN ALAM DAN BUATAN DI INDONESIA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIRSHARE ( TPS ) DI KELAS V SDN JEMBER KIDUL 03 TAHUN PELAJARAN 2011-2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record