Show simple item record

dc.contributor.authorDewi Anggraini
dc.date.accessioned2013-12-10T00:16:06Z
dc.date.available2013-12-10T00:16:06Z
dc.date.issued2013-12-10
dc.identifier.nimNIM060210102311
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/6966
dc.description.abstractFisika merupakan bagian dari Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) yang mempelajari tentang gejala-gejala di alam semesta. Dalam pembelajaran fisika, perlu adanya proses belajar mengajar yang memberi kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan kreativitasnya dalam belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya ketuntasan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa khususnya di bidang studi fisika. Berdasarkan hasil semester telah diperoleh data bahwa diantara 36 siswa terdapat 9 (25%) orang yang dinyatakan tuntas dan mendapat nilai ≥ 70, sedangkan 27 (75%) siswa lainnya dinyatakan tidak tuntas. Berdasarkan hasil observasi kegiatan belajar mengajar di kelas XI IPA menunjukkan bahwa dari 36 siswa yang memakai sumber belajar 27,70% berupa LKS, mendengarkan penjelasan guru 53,70%, mencatat materi 62,04%, mengerjakan latihan soal 9,26%, bertanya pada guru 1,71%, menyampaikan pendapat 15,74%. Berdasarkan uraian di atas, maka diperlukan perbaikan pembelajaran melalui strategi pembelajaran kreatif-produktif disertai metode diskusi. Tahap pembelajaran ini adalah sebagai berikut: Orientasi (guru menjelaskan tujuan dan langka-langkah pembelajaran), Eksplorasi (siswa membaca, browsing lewat internet), Interpretasi (siswa berdiskusi), Re-kreasi (siswa membuat makalah), dan Evaluasi. Dengan demikian, strategi pembelajaran kreatif-produktif disertai metode diskusi ini dapat digunakan untuk meningkatkan ketuntasan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa kelas XI IPA. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mendeskripsikan peningkatan ketuntasan hasil belajar fisika melalui strategi pembelajaran kreatif-produktif disertai metode diskusi pada siswa kelas XI IPA SMA Muhammadiyah 1 Rambipuji tahun ajaran 2011/2012; (2) untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar fisika melalui strategi pembelajaran kreatif-produktif disertai metode diskusi pada siswa kelas XI IPA SMA Muhammadiyah 1 Rambipuji tahun ajaran 2011/2012. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Muhammadiyah 1 Rambipuji, pengambilan subyek penelitian adalah kelas XI IPA sebanyak 36 siswa, kelas ini ditentukan berdasarkan masalah yang terjadi di kelas melalui ketuntasan hasil belajar dan aktivitas belajar. Rancangan penelitian menggunakan siklus Penelitian Tindakan Kelas Model Hopkins. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Data yang diperoleh adalah hasil post tes, skor aktivitas belajar siswa, skor aktivitas guru, serta hasil wawancara dengan guru bidang studi dan siswa. Data hasil observasi memperlihatkan bahwa ketuntasan hasil belajar sebelum tindakan dan setelah tindakan mengalami peningkatan. Pada siklus I mengalami peningkatan sebesar 30.31% yaitu dari 45.45% menjadi 75.76%. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus II juga meningkat sebesar 9.09% yaitu dari 75.76% menjadi 84.85%. Pada siklus I telah tercapai kriteria ketuntasan hasil belajar yang ditetapkan oleh SMA Muhammadiyah 1 Rambipuji. Aktivitas belajar fisika siswa melalui strategi pembelajaran kreatifproduktif disertai metode diskusi mengalami peningkatanPada pra siklus aktivitas belajar fisika siswa secara klasikal sebesar 34.88% yang termasuk dalam kriteria kurang aktif. Pada siklus 1 persentase rat-rata aktivitas belajar fisika siswa secara klasikal 54.80% yang termasuk dalam kriteria cukup aktif. Pada siklus 2 persentase rata-rata aktivitas belajar siswa secara klasikal 62.80% yang tergolong aktif. Berdasarkan hasil dan analisis data yang telah didapatkan, dapat disimpulkan bahwa melalui strategi pembelajaran kreatif-produktif disertai metode diskusi dapat meningkatkan ketuntasan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran fisika di kelas XI IPA SMA Muhammadiyah 1 Rambipuji.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries060210102311;
dc.subjectSTRATEGI PEMBELAJARAN, METODE DISKUSIen_US
dc.titlePENINGKATAN KETUNTASAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS BELAJAR FISIKA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN KREATIF- PRODUKTIF DISERTAI METODE DISKUSI PADA SISWA KELAS XI IPA SMA MUHAMMADIYAH 1 RAMBIPUJI TAHUN AJARAN 2011/2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record