Show simple item record

dc.contributor.authorRETA AGUNG SATRYO
dc.date.accessioned2013-12-09T14:29:42Z
dc.date.available2013-12-09T14:29:42Z
dc.date.issued2013-12-09
dc.identifier.nimNIM100210274064
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/6957
dc.description.abstractRendahnya nilai hasil belajar PKn, siswa kelas IVB SD Negeri Mumbulsari 01 disebabkan oleh beberapa faktor antara lain : karena (1) metode pembelajaran yang diterapkan di sekolah masih berpusat pada guru, (2) materi yang di ajarkan kurang mengacu pada pengalaman siswa, sehingga dalam mengajar guru masih menggunakan teks book, (3) kegiatan pembelajaran belum dirancang sistematis, (4) pertanyaan yang diajukan oleh guru hanya di jawab oleh beberapa siswa saja, (5) dalam membentuk kelompok siswa masih memilih sendiri sehingga tidak heterogen dan menyebabkan kelompok tertentu yang aktif, (6) siswa masih mengerjakan sendiri tugas yang di berikan oleh guru sehingga siswa yang lain kurang merasa tanggung jawab dan terlibat dalam kelompoknya. Pembelajaran kooperatif tipe STAD yaitu pembelajaran yang di dalamnya berorentasi pada belajar bersama dalam suatu kelompok kecil yang heterogen dengan beranggotakan empat atau lima orang serta mengerjakan tugas dalam satu lembar kerja dengan cara mendiskusikan bersama anggota kelompoknya. Mereka dapat bekerja berpasangan dengan cara membandingkan jawaban-jawabannya, mendiskusikan perbedaan yang ada, dan saling membantu satu sama lain saat menghadapi jalan buntu. yang dapat memberikan kesempatan kepada siswa untuk aktif menyelesaikan suatu masalah dan memberikan kesempatan kepada siswa untuk aktif menemukan dan membangun pengetahuan secara mandiri melalui kerja kelompok (Teams ), Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn dengan pokok bahasan sistem pemerintahan pusat melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas IVB SD Negeri Mumbulsari 01 Kecamatan Mumbulsari Kabupaten Jember. Penelitian ini dilaksanakan mulai Maret sampai Mei 2012 di SD Negeri Mumbulsari 01 Kecamatan Mumbulsari Kabupaten Jember. Subyek penelitian siswa kelas IVB yang berjumlah 29 siswa terdiri dari 8 siswa perempuan dan 21 siswa laki-laki.. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan berupa hasil ulangan harian semester II, analisis aktivitas siswa dalam pembelajaran kooperatif STAD siklus I dan siklus II, tes akhir siklus I dan siklus II. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu : (1) penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD menunjukkan adanya peningkatan aktivitas siswa, (2) ketuntasan hasil belajar siswa dengan kooperatif tipe STAD mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II sehingga pembelajaran dianggap sudah tuntas.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries100210274064;
dc.subjectAktivitas Siswa, Hasil Belajar, Kooperatif tipe STADen_US
dc.titlePENERAPAN PEMBELAJARAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVITION) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PKn POKOK BAHASAN SISTEM PEMERINTAHAN PUSAT PADA SISWA KELAS IVB SEMESTER 2 SDN MUMBULSARI 01 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011/2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record