Show simple item record

dc.contributor.authorNurul Lailatunnajah
dc.date.accessioned2013-12-09T14:19:05Z
dc.date.available2013-12-09T14:19:05Z
dc.date.issued2013-12-09
dc.identifier.nimNIM100210274028
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/6954
dc.description.abstractMateri menulis pengumuman diberikan pada siswa kelas IV semester dua dalam mata pelajaran bahasa Indonesia. Berdasarkan ketetapan sekolah tahun pelajaran 2011/2012 hasil belajar siswa kelas IV SD Taruna Dra. Zulaeha, mata pelajaran bahasa Indonesia dengan pokok bahasan menulis pengumuman Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yang harus dicapai adalah 70. Namun, kenyataan yang terjadi adalah tidak sedikit siswa yang belum berhasil mencapai KKM yang telah ditetapkan. Tidak berhasilnya siswa mencapai KKM disebabkan oleh beberapa hal, di antaranya metode pembelajaran yang digunakan dalam kelas. Selama ini, siswa memakai model pembelajaran yang konservatif-konvensional. Pembelajaran yang berlangsung masih berpusat pada guru sehingga siswa kurang dirangsang untuk lebih aktif dan kreatif selama proses pembelajaran. Kecenderungan guru untuk menggunakan metode ceramah dan penugasan dalam kelas akhirnya membuat siswa menjadi bosan dan akhirnya tak lagi mampu menggugah kreativitasnya. Terkait pencapaian siswa yang belum maksimal itu maka dibutuhkan sebuah model pembelajaran yang mampu mengerakkan siswa dalam kelas. Model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) hadir dengan tujuan untuk mendayagunakan siswa dalam kelompok. Dengan penerapan model pembelajaran NHT, siswa dituntut bekerja sama dalam kelompok untuk kemudian berdiskusi di kelas, menyampaikan pendapat dan hasil kerja kelompok masing-masing. Melalui model pembelajaran ini, secara otomatis siswa akan terpacu untuk menggali aktifitas dan kreativitas masing-masing yang dituangkan dalam bentuk kelompok hingga didiskusikan lagi dalam kelas. Penerapan model NHT ini diharapkan mampu membawa siswa untuk lebih meningkatkan kemampuan menulis pengumuman sehingga berhasil mencapai KKM. Untuk mengetahui efektifitas penerapan model NHT pada materi menulis pengumuman itulah, maka dibutuhkan penelitian. Penelitian diadakan di SD Taruna Dra. Zulaeha Leces dengan siswa kelas IVB sebagai subjek penelitian. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian diadakan dalam dua siklus. Data penelitian ini dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Data yang dianalisis secara kualitatif adalah data yang diperoleh dari hasil observasi dan wawancara. Sedangkan data kuantitatif diperoleh dari hasil tes berupa nilai siswa kelas IVB SD Taruna Dra. Zulaeha Leces. Kemampuan siswa kelas IVB SD Taruna Dra. Zulaeha Leces dalam menulis pengumuman setelah menggunakan model pembelajaran NHT mengalami peningkatan. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil tes yang didapat siswa. Pada tahap prasiklus (sebelum menggunakan model pembelajaran NHT) terdapat 9 siswa yang mendapat nilai ≥ 70. Pada siklus I (mulai menggunakan model pembelajaran NHT) terdapat 17 siswa yang mendapat nilai ≥ 70. Pada siklus II yang merupakan perbaikan dari siklus I, terdapat 29 siswa yang mendapat nilai ≥ 70. Jadi, sebanyak 29 siswa atau 76% dari total 38 siswa kelas IVB SD Taruna Dra. Zuleha Leces sudah mencapai ketuntasan nilai secara klasikal (≥ 75% dari jumlah siswa). Kesimpulan dari penelitian ini adalah : 1) penerapan model pembelajaran NHT pada materi menulis pengumuman efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas IVB SD Taruna Dra. Zulaeha Leces, 2) kemampuan siswa kelas IVB SD Taruna Dra. Zulaeha Leces dalam menulis pengumuman meningkat.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries100210274028;
dc.subjectmenulis pengumuman, Numbered Head Together (NHT)en_US
dc.titlePENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PENGUMUMAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IVB SD TARUNA DRA. ZULAEHA LECES TAHUN PELAJARAN 2011/2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record