Show simple item record

dc.contributor.authorNurlia Widyastuti
dc.date.accessioned2013-12-09T14:13:36Z
dc.date.available2013-12-09T14:13:36Z
dc.date.issued2013-12-09
dc.identifier.nimNIM080210204154
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/6952
dc.description.abstractKegiatan pembelajaran di SDN Tukum 01 Lumajang kurang meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS. Hal tersebut disebabkan media pembelajaran yang disediakan oleh guru kurang bervariasi dan pembelajarannya masih berpusat pada guru (teacher centered) dan kurang terkait dengan kehidupan sehari-hari siswa. Hal ini disebabkan karena guru belum memiliki metode yang baik dalam mengajar, guru hanya berceramah dan memberi tugas, dan media pembelajarannya juga belum lengkap. Oleh karena itu, guru harus membantu memfasilitasi siswa untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan menggunakan media pembelajaran yang bervariasi. Media tiga dimensi adalah sekelompok media tanpa proyeksi yang penyajiannya secara visual tiga dimensional yang mempunyai panjang, lebar dan isi. Media tiga dimensi yang dapat diproduksi dengan mudah, adalah tergolong sederhana dalam penggunaan dan pemanfaatannya, karena tanpa harus memerlukan keahlian khusus, dapat dibuat sendiri oleh guru, bahannya mudah diperoleh di lingkungan sekitar. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: Bagaimanakah peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV mata pelajaran IPS pokok bahasan kenampakan alam di lingkungan setempat dengan menggunakan media tiga dimensi di SDN Tukum 01 Lumajang Tahun Pelajaran 2011/2012?. Berdasarkan rumusan masalah tersebut maka, tujuan dari penelitian ini adalah: Untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV mata pelajaran IPS pokok bahasan kenampakan alam di lingkungan setempat dengan menggunakan media tiga dimensi di SDN Tukum 01 Lumajang Tahun Pelajaran 2011/2012. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN Tukum 01 Lumajang yang terdiri dari 42 siswa. Siswa dibagi menjadi 6 kelompok yang heterogen. Jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Pengambilan data dilakukan mulai tanggal 12 September 2011 sampai dengan 9 Nopember 2011 dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN Tukum 01 Lumajang. Data yang dikumpulkan berupa penilaian aktivitas dan tes individu siswa. Pada siklus I, persentase aktivitas belajar siswa sebesar 43,15% dalam kategori cukup aktif, sedangkan pada siklus II sebesar 60,12% dalam kategori aktif. Persentase hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 63,93% dan persentase ketuntasan klasikal sebesar 47,62%. Pada siklus II, hasil belajar siswa secara klasikal mencapai 71,90%, dan persentase ketuntasan klasikal sebesar 92,86% sehingga secara klasikal memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) SDN Tukum 01 Lumajang. Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan aktivitas dan hasil belajar serta ketuntasan hasil belajar pada pokok bahasan kenampakan alam di lingkungan setempat. Peningkatan persentase aktivitas siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 16,97%, sedangan peningkatan persentase hasil belajar sebesar 7,97% dan ketuntasannya sebesar 45,24%. Oleh karena itu penelitian di SDN Tukum 01 Lumajang tuntas. Maka berdasakan hasil penelitian disarankan agar guru dapat mencoba media tiga dimensi pada materi lain untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dan guru memberikan pengalaman bahwa penerapan media itu bermanfaat ketika proses pembelajaran berlangsung.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210204154;
dc.subjectAktivitas dan Hasil Belajar, Media Tiga Dimensien_US
dc.titlePENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KELAS IV MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN KENAMPAKAN ALAM DI LINGKUNGAN SETEMPAT DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA TIGA DIMENSI DI SDN TUKUM 01 LUMAJANG TAHUN PELAJARAN 2011/2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record