• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Humanities
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Humanities
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Speaking Anxiety: Factors Contributing To the Anxiety in Speaking Class of the First Year Students of the English Department Faculty of Letters, Jember University. (Kecemasan Berbicara: Factor-Faktor yang Menyebabkan Kecemasan didalam Kelas Speaking pada Mahasiswa Angkatan Tahun Pertama Jurusan Bahasa Inggris Fakultas Sastra Universitas Jember)

    Thumbnail
    View/Open
    IMAM WAHYUDI ANTORO.pdf (273.9Kb)
    Date
    2015
    Author
    WAHYUDI ANTORO, IMAM
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Berbicara diyakini sebagai keterampilan yang paling sering membangkitkan kecemasan di kalangan mahasiswa. Kecemasan sebagai salah satu hasil dari faktor afektif yang muncul karena beberapa hal seperti kurangnya pengetahuan, rendahnya persiapan, takut membuat kesalahan dan kesulitan untuk memahami instruksi guru. Skripsi ini bertujuan untuk menyelidiki faktor apa yang berpengaruh terhadap kecemasan berbicara dan mengapa kecemasan berbicara terjadi pada mahasiswa tahun pertama Jurusan Bahasa Inggris Fakultas Sastra di Universitas Jember. Peserta penelitian ini adalah 50 mahasiswa. Untuk mendapatkan data, dilaksanakan penyebaran angket kuesioner dan wawancara. Dengan menggunakan teori dari Tseng (2012) tentang kecemasan dalam berbicara, analisis data dapat dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi diri atau harga diri, presentasi di kelas, takut membuat kesalahan, lingkungan sosial, jenis kelamin, perbedaan budaya, situasi kelas ditentukan sebagai sumber kecemasan berbicara mahasiswa. Sementara alasan yang membangkitkan terjadinya kecemasan berbicara adalah: pertama adalah persepsi diri, hal itu di karenakan oleh kesulitan bahasa (kurangnya kosa kata, khawatir tentang struktur dan berbahasa Inggris dengan benar), kekhawatiran terhadap persepsi orang lain, rasa percaya diri yang rendah, kurangnya motivasi, kurangnya komunikasi dan takut membuat kesalahan. Kedua adalah presentasi di dalam kelas, hal itu dikarenakan mereka menjadi pusat perhatian, takut akan pertanyaan dari mahasiswa lain dan mereka tidak mempersiapkan materi. Ketiga adalah takut membuat kesalahan, hal itu disebabkan karena mereka tidak menguasai materi, kurangnya kosa kata dan pengucapan. Keempat adalah lingkungan sosial, mereka tidak dapat mengeksplore bahasa dan penilaian dari orang lain. Kelima adalah gender. Hal itu karena setiap gender memiliki topik yang berbeda untuk dibahas dan persepsi yang berbeda tentang lawan jenis. Keenam adalah perbedaan budaya. Itu karena topik yang berbeda dan aksen yang berbeda antara Jawa, Madura dan Cina. Ketujuh adalah situasi kelas yang formal. Itu karena mereka dipantau oleh dosen dan karakteristik dari dosen.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/69521
    Collections
    • SRA-Humanities [343]

    UPT-Teknologi Informasi dan Komunikasi copyright © 2021  Perpustakaan Universitas Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    Repository Universitas Jember
    Repository Institut Pertanian Bogor
    Repository UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPT-Teknologi Informasi dan Komunikasi copyright © 2021  Perpustakaan Universitas Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    Repository Universitas Jember
    Repository Institut Pertanian Bogor
    Repository UIN Syarif Hidayatullah Jakarta