Show simple item record

dc.contributor.authorMUFID ABDULLAH
dc.date.accessioned2013-12-09T13:53:22Z
dc.date.available2013-12-09T13:53:22Z
dc.date.issued2013-12-09
dc.identifier.nimNIM090210204228
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/6947
dc.description.abstractPembelajaran menyimak penting bagi siswa, dalam kegiatan sehari-hari baik dalam kegiatan pembelajaran maupun diluar, siswa lebih banyak berurusan dengan kegiatan menyimak dibandingkan dengan kegiatan berbahasa lainnya. Dapat disimpulkan bahwa kegiatan menyimak merupakan kegiatan yang paling banyak digunakan daripada keterampilan yang lain seperti berbicara, membaca dan menulis. Kemampuan menyimak siswa kelas V SDN Sumbersalak 01 LedokomboJember masih dinilai kurang. Dapat dilihat dari hasil belajar siswa mata pelajaran Bahasa Indonesia pokok bahasan cerita rakyat masih dibawah standart ketuntasan belajar minimal yang telah ditetapkan yaitu > 63. Permasalahan ini dikarenakan : (1) pola pembelajaran guru yang cenderung monoton, dimana guru masih kurang menggunakan multimetode. (2) kurangnya penggunaan media pembelajaran sebagai alat dalam membantu memahami materi pembelajaran. Berdasarkan permasalahan di atas maka perlu untuk dilaksanakan penelitian dengan menerapkan pendekatan pembelajaran terpadu. Pendekatan pembelajaran terpadu merupakan pendekatan yang menyatukan beberapa aspek kedalam satu proses. Pendekatan pembelajaran terpadu yang digunakan adalah pendekatan pembelajaran terpadu interbidang studi, yaitu memadukan aspek menyimak dengan berbicara dan menulis. Berdasarkan permasalahan yang telah disebutkan dapat dirumuskan suatu permasalahan, yaitu: (1) bagaimanakah proses penerapan pendekatan pembelajaran terpadu pada pembelalajaran menyimak dalam meningnkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Sumbersalak 01 Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember? (2) bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkan pendekatan pembelajaran terpadu dalam pembelajaran menyimak siswa kelas V SDN Sumbersalak 01 Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember? Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan proses pembelajaran dengan pendekatan pembelajaran terpadu siswa kelas V SDN Sumbersalak 01 Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember; (2) Untuk meningkatkan hasil belajar melalui pendekatan pembelajaran terpadu siswa kelas V SDN Sumbersalak 01 Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Sumbersalak 01 Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember kelas V yang terdiri dari 33 siswa, dengan 14 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan. Penelitian ini menggunakan pendekatan pembelajaran terpadu dan jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas dengan pelaksanaan dua siklus. Teknik pengumpulan data dengan dokumentasi, wawancara , observasi dan tes. Pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) proses penerapan pendekatan pembelajaran terpadu dalam meningkatkan kemampuan menyimak adalah proses pembelajaran yang memadukan keterampilan menyimak dengan berbicara dan menulis, (2) penerapan pendekatan pembelajaran terpadu dapat meningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia pokok bahasan cerita rakyat siswa V di SD Negeri Sumbersalak 01 Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember tahun ajaran 2011/2012. Dalam penelitian ini terdapat beberapa saran antara lain: (1) bagi guru di SDN Sumbersalak 01 Ledokombo-Jember disarankan dalam menggunakan pendekatan pembelajaran terpadu pada pembelajaran menyimak, sebaiknya menjelaskan tahaptahap pembelajarannya sebelum proses pembelajaran berlangsung, (2) bagi siswa yang sudah memenuhi standar ketuntasan kemampuan menyimak, disarankan untuk membiasakan menyimak dengan penuh konsentrasi. Siswa yang belum mencapai ketuntasan hasil belajar, disarankan untuk lebih berkonsentrasi pada apa yang disimak, (3) bagi peneliti lain, disarankan merencanakan rencana pembelajaran seoptimal mungkin terutama pada skenario pembelajaran, pengaturan ruang, dan alokasi waktu.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210204228;
dc.subjectKemampuan Menyimak Cerita Rakyat, Pendekatan Pembelajaran Terpaduen_US
dc.titlePENINGKATAN KEMAMPUAN MENYIMAK CERITA RAKYAT DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN TERPADU SISWA KELAS V SDN SUMBERSALAK 01 LEDOKOMBO-JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011/2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record