Show simple item record

dc.contributor.authorMoh.Ridho Kurniawan
dc.date.accessioned2013-12-09T13:45:21Z
dc.date.available2013-12-09T13:45:21Z
dc.date.issued2013-12-09
dc.identifier.nimNIM080210204049
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/6946
dc.description.abstractBerdasarkan hasil observasi dan wawancara, rendahnya kemampuan membaca siswa kelas IV SD Islam Bustanul Ulum disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya: 1) cara mengajar guru yang kurang bervariasi dan belum memotivasi siswa; 2) siswa sulit memahami pelajaran IPS; 3) minat siswa masih rendah pada pembelajaran IPS. Dari 23 siswa yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 13 siswi perempuan hanya 9 siswa dan siswi yang telah tuntas belajar atau persentase ketuntasan belajar yang hanya 39% dari seluruh siswa yang ada di kelas tersebut. Oleh karena itu, supaya dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar, guru harus melakukan perubahan dalam menggunakan metode pembelajaran IPS. Salah satu metode pembelajaran yang tepat adalah metode example non example. Dalam metode ini guru memberikan contoh dan bukan contoh dari materi yang diajarkan, lalu siswa berdiskusi serta menentukan dan menelaah tentang contoh dan bukan contoh yang diberikan. Dalam metode pembelajaran tersebut, pembelajaran lebih menyenangkan dan lebih mengkatkan daya pikir siswa. Untuk memberikan gambaran secara jelas mengenai arah penelitian, maka dirumuskan permasalahan sebagai berikut. (1) Bagaimanakah peningkatan motivasi belajar siswa kelas IV mata pelajaran IPS melalui metode example non example di SD Islam Bustanul Ulum Sumberejo Ambulu semester genap tahun pelajaran 20112012 ? (2) Bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa kelas IV mata pelajaran IPS melalui metode example non example di SD Islam Bustanul Ulum Sumberejo Ambulu semester genap tahun pelajaran 2011-2012 ?. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk (1) untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV mata pelajaran IPS melalui metode example non example di SD Islam Bustanul Ulum Sumberejo Ambulu semester genap tahun pelajaran 2011-2012. (2) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV mata pelajaran IPS melalui metode example non example di SD Islam Bustanul Ulum Sumberejo Ambulu semester genap tahun pelajaran 20112012. Untuk memecahkan permasalahan di atas maka diadakan penelitian berupa penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Islam Bustanul Ulum Sumberejo Ambulu yang berjumlah 23 siswa. Pengumpulan data menggunakan metode tes, observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Sedangkan proses analisis data penelitian ini menggunakan teknik analisis data kualitatif yang diperoleh dari hasil observasi dan angket serta data kuantitatif yang diperoleh dari hasil tes siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi dan hasil belajar siswa menggunakan metode example non example mengalami peningkatan. Berdasarkan data yang telah diperoleh dari hasil observasi diketahui bahwa motivasi belajar siswa selama pembelajaran pada siklus I telah termotivasi sebesar 57 %. Sedangkan motivasi belajar siswa berdasarkan angket telah termotivasi sebesar 60 %. motivasi belajar siswa selama pembelajaran pada siklus II meningkat sebesar 86.9 % .Sedangkan motivasi belajar siswa berdasarkan angket motivasi pada siklus II telah termotivasi sebesar 83 %. Hasil belajar siswa Pada tahap pra siklus mencapai 39 %. Setelah dilaksanakan siklus ke I mengkat menjadi 65 %. Pada siklus ke II meningkat 85 %. Kesimpulannya bahwa penelitian ini telah mampu meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dengan baik Saran dalam penelitian ini supaya penerapan metode example non example perlu ditingkatkan dengan menggunakan media yang lebih beragam. Supaya siswa mampu termotivasi dalam belajar selain menggunaan metode example non example guru perlu juga perlu memberikan reward bagi siswa supaya siswa dapat termotivasi dan bersemangat dalam belajar.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210204049;
dc.subjectMotivasi dan Hasil Belajar Siswa, Metode Example Non Exampleen_US
dc.titlePENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MATA PELAJARAN IPS MELALUI METODE EXAMPLE NON EXAMPLE DI SD ISLAM BUSTANUL ULUM SUMBEREJO AMBULU JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011 – 2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record